Round-Up

Jejak Perkara Pinangki hingga Dituntut 4 Tahun Penjara

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 05:29 WIB
Jaksa Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang lanjutan di PN Tipikor Jakarta, Rabu (21/10/2020). Pinangki tampak berbusana muslim syari.
Foto: Pinangki (Ari Saputra)
Jakarta -

Proses persidangan Pinangki Sirna Malasari sudah memasuki tahap tuntutan. Pinangki dituntut 4 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum, karena diyakini terbukti menerima suap dari Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra.

Pinagki diyakini menerima suap terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) agar Djoko Tjandra bebas. Dia disebut membuat 10 langkah atau action plan.

Pembacaan besaran tuntutan pidana terhadap Pinangki digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (11/1/2021). Persidangan Pinangki diketuai hakim IG Eko Purwanto dengan hakim anggota H Sunarso dan Moch Agus Salim.

Pinangki pun sudah hadir sebelum sidang dimulai. Namun dia hanya terdiam sambil menunduk, menunggu sidang dimulai.

Pinangki terlihat memakai pakaian serba hitam. Dia mengenakan gamis, dan jilbab syar'i berwarna hitam. Ketika sejumlah awak media mendekati dan mengajukan sejumlah pertanyaan, dia enggan menjawab dan hanya menggerakkan tangan menunjuk ke arah tim kuasa hukumnya.

Hingga majelis hakim membuka sidang, Pinangki juga tertunduk. Ketika dipersilakan masuk untuk duduk di kursi terdakwa, Pinangki mengaku sehat.

"Alhamdulillah sehat Yang Mulia," kata Pinangki menjawab pertanyaan hakim ketua IG Eko Purwanto.

Kasus dugaan suap Pinangki terungkap berawal dari sebuah foto yang viral di media sosial. Dalam foto tersebut ada sosok Pinangki dan seorang pria yang tak lain adalah Djoko Tjandra.

Dari foto tersebutlah, lembaran demi lembaran hidup Pinangki sebagai seorang jaksa juga terkuak. Pinangki, jaksa yang hobi jalan-jalan ke luar negeri. Begitu yang terungkap.

Pinangki tak hanya diyakini menerima suap. Dia juga dinilai terbukti melakukan pencucian uang dari hasil suap yang diterima dari Djoko Tjandra.

Lalu bagaimana jejak perkara Pinangki? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6