Catat! 5 Aturan PSBB Ketat DKI yang Mulai Berlaku Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 06:31 WIB
Jalan TOl JORR sempat lengang beberapa pekan di masa pemberlakuan PSBB ketat. Namun kini jalan tol JORR, Senin (12/10/2020), terlihat kembali ramai kendaraan saat Pemprov DKi Jakarta kembali memberlakukan PSBB Transisi.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Gubernur DKI Anies Baswedan kembali menarik rem darurat dengan menerapkan PSBB ketat. PSBB itu dimulai 11-25 Januari 2021.

Anies menyampaikan kebijakan itu dalam video yang diunggah di akun YouTube Pemprov DKI Jakarta. Dalam pembuka, Anies menyebut langsung kebijakan itu merupakan tindak lanjut dari arahan Ketua Komite Penanganan COVID-19 Airlangga Hartanto.

"Pada Rabu, 6 Januari 2021, Menko Perekonomian, yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Bapak Airlangga Hartanto mengumumkan pengendalian mobilitas di beberapa kota di Jawa dan Bali, termasuk Jakarta," ucap Anies seperti dilihat detikcom, Sabtu (9/1/2021).

Anies menjelaskan saat ini DKI Jakarta sedang berada di titik kasus aktif tertinggi, yakni di angka 17.383. Kasus aktif adalah jumlah orang yang saat ini berstatus positif COVID-19 dan belum dinyatakan sembuh, baik yang dirawat di fasilitas kesehatan maupun di dalam isolasi mandiri.

Kemudian, Anies menetapkan pengetatan PSBB dilakukan di Jakarta pada 11 sampai 25 Januari 2020. Aturan ini dia tuangkan dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan, Jangka Waktu, dan Pembatasan Aktivitas Luar Rumah Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Ini sejumlah aturan PSBB ketat yang diberlakukan:

1. Work from home

Sektor perkantoran atau tempat kerja dibatasi 75 persen work from home (WFH). Sisanya sebanyak 25 persen, lanjut Anies, bisa bekerja di kantor atau work from office (WFO).

"Ini prinsip-prinsip utamanya. Tempat kerja akan melakukan pembatasan 75 persen itu bekerja di rumah," kata Anies dalam jumpa pers yang disiarkan langsung di YouTube, Sabtu (9/1/2021).

"Lalu yang kedua belajar mengajar masih dilakukan secara jarak jauh," ujar Anies.

Tonton video 'Anies Pastikan PSBB Ketat Jakarta Berpotensi Diperpanjang':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya

Selanjutnya
Halaman
1 2