Tambahan 36 Ribu Vaksin Tiba di Sulsel, Kapolda: Kebutuhan Tahap Awal Terpenuhi

Moehammad Bakrie - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 13:45 WIB
Tambahan 36.640 vaksin Corona Sinovac tiba di Sulsel.
Foto: Tambahan 36.640 vaksin Corona Sinovac tiba di Sulsel. (Bakrie/detikcom)
Maros -

Sebanyak 36.640 vaksin virus Corona (COVID-19) Sinovac tiba di terminal kargo Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), siang ini. Ini merupakan vaksin tambahan dari pengiriman sebelumnya sebanyak 30 ribu dosis.

"Ya hari ini kita terima sebanyak 36.640 dari sebelumnya kita terima juga 30 ribu vaksin. Jadi untuk tahap awal ini kebutuhan sebanyak 66.640 di Sulsel sudah terpenuhi," kata Kapolda Sulsel, Irjen Merdy Syam saat penjemputan vaksin, Jumat (8/1/2021).

Seperti pada pengiriman pertama, kedatangan vaksin itu dikawal ketat oleh aparat gabungan TNI-Polri. Sejumlah kendaraan taktis milik polisi juga disiagakan mengawal vaksin itu ke kantor Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel.

Terkait pengawalan dan pengamanan vaksin, pihak Polda Sulsel juga telah menyiapkan tim khusus guna memastikan vaksin itu terdistribusi sampai ke 24 Kabupaten Kota di Sulsel.

"Kita memang punya standar pengawalannya, jadi memang ini panjang. Kita tunggu nanti petunjuknya dari kementerian kapan akan didistribusikan. Jelasnya kami sudah siap," lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel, Muh Ichsan Mustari menyebut vaksin yang sudah diterima ini diperuntukkan khusus untuk tenaga kesehatan (nakes). Rencananya, tahap kedua akan kembali diterima pada Maret 2021.

"Ya ini memang kita khususkan untuk nakes dulu. Nanti Maret akan ada lagi tahap dua. Kita sementara hitung berapa kebutuhannya," kata Ichsan.

Rencana distribusi vaksin ke sejumlah daerah, pun telah dijadwalkan akan dilakukan pada 14 Januari 2021 mendatang. Sementara persiapan rumah sakit dan juga puskesmas menerima vaksin itu sudah dilakukan.

"Insyaallah (siap). Kita sedang berkoordinasi, kesiapan kita 90 persen," ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel telah menerima 30 ribu vaksin Sinovac dari Jakarta yang dikirim melalui jalur udara. Vaksin itu sementara disimpan di Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel untuk selanjutnya didistribusikan ke daerah.

(zak/zak)