Anak Anggota JAD di Makassar Pernah Sobek Bendera Merah Putih Saat 17 Agustus

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 15:42 WIB
Dua terduga teroris di Makassar ditembak mati Densus 88 Antiteror Polri karena melakukan perlawanan (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Dua terduga teroris di Makassar ditembak mati Densus 88 Antiteror Polri karena melakukan perlawanan. (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar - Anak dari anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) M Rizaldi (45), yang ditembak mati di Makassar disebut pernah merobek bendera Merah Putih. Terlebih, peristiwa perobekan terjadi bertepatan dengan momen 17 Agustus alias hari kemerdekaan.

"Pernah merobek bendera itu anaknya. Kalau yang dirobek bendera, bendera saya sendiri, Pak RW punya bendera waktu itu terus ada beberapa tetangga (yang juga benderanya) dirobek," kata warga setempat yang juga istri ketua RW, Irwanti (54), saat ditemui detikcom, Rabu (6/1/2021).

Irwanti mengaku tak ingat pasti peristiwa perobekan bendera. Namun dia menyebut peristiwa itu tepat terjadi saat momen 17 Agustus-an.

"Iya waktu itu kan 17-an," kata Irwanti.

Akibat perbuatannya, sang anak terduga teroris saat itu sempat dilapor warga ke Bhabinkamtibmas setempat.

"Tetapi waktu itu di bawah umur jadi nggak diproses," katanya.

Selain itu, sang terduga teroris sempat pernah menaikkan bendera misterius hingga kembali membuat warga geger.

"Pernah juga malam, dia bukan bendera merah putih dia pasang, tapi bendera hitam besar. Tapi besoknya sudah nggak ada," jelas Irwanti.

Semenjak insiden tersebut, Irwanti dia dan warga sekitar mulai menaruh curiga terhadap M Rizaldi dan keluarga dan juga jemaahnya.

"Semenjak itu, kita sudah mulai curiga toh, Pa RW dan warga semua," katanya.

Selama ini, M Rizaldi disebut menjalani keseharian sebagai pebisnis, yakni menjual BBM eceran dan membuat usaha kue. Hingga akhirnya, M Rizaldi kembali membuat geger warga akibat usai dia dan menantunya, Sanjai Ajis (22) ditembak mati karena mencoba melawan aparat pakai parang dan senapan saat akan ditangkap di rumahnya di wilayah Perumahan Vila Mutiara Biru, Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, sekitar pukul 05.00 Wita.

Simak video '2 Terduga Teroris Anggota JAD di Makassar Pernah Berbaiat ke ISIS':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)