Pemprov DKI Tambah 3 Rumah Sakit Rujukan COVID-19

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 16:59 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah tiga rumah sakit (RS) rujukan untuk penanganan pasien virus Corona (COVID-19) di Jakarta. Kini, total rumah sakit rujukan di DKI sebanyak 101 rumah sakit.

"Jakarta memang menyediakan banyak fasilitas, warga tidak perlu khawatir. Kita akan terus menambah fasilitas di rumah sakit sudah 101, 92 itu laboratorium," kata Wakil Gubernur (Wagub) DKI Ahmad Riza Patria kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021).

Pria yang akrab disapa Ariza itu kemudian menjabarkan tiga rumah sakit rujukan tambahan COVID-19 di Ibu Kota. RS rujukan tambahan ini berada di Jakbar dan Jaktim.

"Penambahan terakhir 3, yaitu Rumah Sakit Ukrida Jakarta Barat, RS Antam Medika Jaktim, RS Harapan Jayakarta Jaktim," ucapnya.

Ariza menerangkan tiga rumah sakit rujukan itu telah memenuhi kapasitas rumah sakit COVID-19. Dia memastikan tiga tambahan rumah sakit ini telah memenuhi unsur seperti kapasitas tempat tidur, ruang ICU, hingga obat dan vitamin.

"Kita di setiap rumah sakit yang ada kita minta untuk meningkatkan kapasitas. Apa itu? satu kapasitas tempat tidur, kapasitas ICU, kapasitas tenaga medis, dan lain-lain apakah obat vitamin dan lain-lain," katanya.

Pemprov DKI juga telah mengajukan penambahan tenaga kesehatan (nakes) ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk membantu penanganan COVID-19 di Ibu Kota. Penambahan nakes itu diajukan sebanyak 2.676 orang.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2