Round-Up

Kisah Din Syamsuddin: Diceraikan Novalinda, Nikahi Rashda Diana

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 21:02 WIB
Din Syamsuddin menikah (Foto: dok. Istimewa)
Foto: Din Syamsuddin menikah (Foto: dok. Istimewa)

Dalam putusan PA Jaksel, ada beberapa hal yang dijadikan alasan untuk Novalinda menceraikan Din Syamsuddin setelah 9 tahun bersama. Di antaranya, perselisihan yang terus menerus, perbedaan prinsip hidup dan visi misi, kerapnya silang pendapat serta seringnya Din Syamsuddin berkegiatan di luar rumah hingga Novalinda merasa kurang diperhatikan.

Menurut Anwar, Din Syamsuddin sudah berupaya mempertahankan rumah tangganya. Namun, apa daya, perpisahan dengan Novalinda merupakan suratan dari Tuhan.

"Aku tahu bagaimana dia cinta dan sayang serta bertanggungjawabnya kepada isteri dan keluarganya .Tapi kalau sudah suratan dari Tuhan yang ada di atas sana siapa yang akan bisa menolaknya. Cuma yang membuat aku gembira di tengah sedih yang aku rasa, mereka berpisah karena Allah dan bercerai juga karenaNya juga. Mereka bicarakan perpisahan mereka secara baik-baik walau harus berurai air mata," ungkap Anwar.

Akhirnya, tak lama setelah berpisah dari Novalinda, Din Syamsuddin kembali menambatkan hatinya. Din Syamsuddin menikahi cucu pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor, Rashda Diana.

Rashda Diana adalah putri kedua dari almarhum KH Imam Subakir Ahmad, yang merupakan putra KH Ahmad Ridwan. KH Ahmad Ridwan merupakan pendiri Ponpes Gontor.

Din Syamsuddin menikah di Ponpes Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Akad nikah dilaksanakan pukul 09.00 WIB dan digelar secara tertutup.

"Setelah mereka berpisah kini adikku telah menemukan pasangan barunya. Sebagai pasangan yang sudah sama-sama berusia mereka sepakat untuk membangun rumah tangga . Mereka sudah seia sekata untuk tidak mengejar dunia tapi bagaimana mengisi hidup ini dengan sebaik-baiknya agar bisa berarti dan bermakna tidak hanya untuk mereka saja tapi juga untuk umat dan bangsa yang dimotivasi oleh keinginan untuk berbakti Kepada Allah SWT dalam rangka mendapatkan dan merengkuh ridho dariNya," tutur Anwar.

Halaman

(mae/mae)