Peristiwa Penting Selama Bulan Januari 2021 yang Harus Diketahui

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 18:06 WIB
2021 and Christmas decoration
Foto: iStock/Peristiwa Penting Selama Bulan Januari 2021 yang Harus Diketahui
Jakarta -

Beberapa peristiwa penting akan terjadi selama bulan Januari 2021. Dimulai dengan kemeriahan pada 1 Januari yakni Tahun Baru.

Meski dunia masih pandemi COVID-19 namun Tahun Baru tetap dirayakan. Perayaan dilakukan secara sederhana di rumah masing-masing.

Tahun Baru 2021 dirayakan tanpa kembang api di pusat kota di dunia. Polisi melarang masyarakat berkumpul di pusat kota di beberapa negara di dunia.

Tanggal 1 Januari 2021 adalah tanggal merah. Selain 1 Januari, tidak ada tanggal merah lainnya selain hari Sabtu dan Minggu.

Namun beberapa peristiwa penting selama bulan Januari 2021 akan terjadi.

Dari dalam negeri, ada hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada 10 Januari. Pada tahun ini, PDIP akan berulang tahun ke-48.

Partai Persatuan Pembangunan juga akan memperingati hari lahirnya pada 5 Januari. Selain itu pada 31 Januari adalah Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU). NU adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Pemerintah Indonesia juga rencananya akan memberikan vaksin pada masyarakat pada pertengahan Januari 2021. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi pada (1/1/2021).

Dari luar negeri, peristiwa penting selama bulan Januari 2021 yakni pelantikan Presiden Amerika Terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden Amerika Terpilih Kamala Harris.

Pelantikan keduanya akan digelar secara virtual pada 20 Januari 2021 mendatang. Hal ini lantaran situasi pandemi COVID-19.

Selain peristiwa yang akan terjadi, ada juga kejadian yang diingat sebagai sejarah. Seperti setiap tanggal 17 Januari diperingati sebagai Perjanjian Renville.

Perjanjian Renville adalah kesepakatan antara Indonesia dan Belanda yang ditandatangani pada 17 Januari 1948. Perjanjian dilakukan di atas geladak kapal perang Amerika Serikat, USS Renville, yang sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selain itu pada 17 Januari 1841 adalah hari ditemukannya puncak tertinggi di dunia yakni Puncak Everest. Penemunya adalah seorang pendaki asal Inggris bernama Sir George Everest.

Peristiwa penting selama bulan Januari 2021 baca di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2