ADVERTISEMENT

Round-Up

10 Fakta Pelajar di Cianjur Jadi Tersangka Parodi Indonesia Raya

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 06:40 WIB
Tersangka pelaku kasus video parodi Indonesia Raya, MDF, ditangkap polisi. (Dok Istimewa)
Tersangka pelaku kasus video parodi Indonesia Raya, MDF, ditangkap polisi. (Foto: dok. Istimewa)

4. Usia

Pelajar kelas III SMP di Cianjur itu berinisial MDF, usia 16 tahun. Dengan demikian, dia diperlakukan sesuai dengan aturan perundang-undangan anak berhadapan dengan hukum.

"Dan kemudian bahwa untuk MDF ini yang di Cianjur umur 16 tahun ini," kata Argo Yuwono.

5. Barang bukti

Dari penangkapan MDF di Cianjur, polisi mendapatkan barang bukti. Ada komputer hingga ponsel yang diamankan polisi.

"1 buah handphone Realme C2, 1 SIM card, 1 perangkat PC rakit yang terdiri atas CPU, monitor, dan speaker, 1 akta kelahiran atas nama MDF, dan 1 KK atas nama MDF," begitu keterangan Bareskrim Polri.

6. Ribut dengan teman di Malaysia

Video-video berisi parodi lagu 'Indonesia Raya' itu viral lewat kanal My Asean, YouTube. Kanal itu milik MDF. Namun ada cerita ribut di balik video parodi lagi 'Indonesia Raya'.

MDF (16) ribut dengan temannya berinisial NJ (11), WNI yang tinggal di Sabah, Malaysia. Mereka adalah teman di dunia maya. Dua anak ini ribut karena MDF membuat video atas nama NJ di Malaysia. NJ tidak terima dan akhirnya menambahkan gambar babi di video itu.

"Akhirnya NJ marah sama MDF. Nah, salahnya, NJ ini membuat lagi kanal YouTube, dengan konten My Asean. Saya ulangi, channel Asean. Dia (NJ) membuat channel Asean. Kemudian isinya itu mengedit, mengedit daripada isi yang sudah disebar oleh MDF, dan dia hanya menambahi... Kenapa diedit, dia menambahi gambar babi sama NJ ini," papar Argo.

Ada motif balas dendam di balik parodi lagu 'Indonesia Raya' tersebut.

"(Motifnya) sakit hati atau balas dendam," kata Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (1/1/2021).

Tersangka pelaku kasus video parodi Indonesia Raya, MDF, ditangkap polisi. (Dok Istimewa)Tersangka pelaku kasus video parodi Indonesia Raya, MDF, ditangkap polisi. (Foto: dok. Istimewa)

Selanjutnya, diberi ponsel sejak kecil:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT