Tak Banyak, Kembang Api Tetap Hiasi Malam Tahun Baru 2021 di Papua-Ambon

Wilpret Siagian, Muslimin Abbas - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 23:03 WIB
Kembang api tetap hiasi langit Jayapura-Ambon di malam tahun baru 2021 (Wilpret Siagian, Muslimin Abbas/detikcom)
Foto: Kembang api tetap hiasi langit Jayapura-Ambon di malam tahun baru 2021 (Wilpret Siagian, Muslimin Abbas/detikcom)
Jayapura -

Detik-detik pergantian tahun baru 2021 di Jayapura, Papua, dihiasi dengan kembang api. Sejak sore warga telah membunyikan kembang api hingga pukul 24.00 WIT.

Kembang api dinyalakan di komplek masing-masing hampir di seluruh wilayah kota Jayapura. Langit Jayapura dihiasi warna-warni kembang api.

Sebelumnya Polresta Jayapura telah mengeluarkan pengumunan pada beberapa wilayah yang biasa dijadikan tempat keramaian ditutup selama malam pergantian tahun 2021. Sebanyak 750 personel gabungan disiapkan guna pengamanan malam perayaan pergantian tahun di Kota Jayapura.

Kembang api tetap hiasi langit Jayapura-Ambon di malam tahun baru 2021 (Wilpret Siagian, Muslimin Abbas/detikcom)Kembang api tetap hiasi langit Jayapura di malam tahun baru 2021 (Wilpret Siagian/detikcom)

"Sebanyak 750 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, serta instansi lainnya baik Satpol PP, Dinas Perhubungan serta mitra Kamtibmas akan diploting di daerah (kawasan) yang sering dijadikan tempat kumpul warga saat pergantian tahun," ujar Kapolresta Jayapura Kota Kombes Gustav R Urbinas di Jayapura, Kamis (31/12/2020).

Menurut Gustav, ada beberapa akses yang ditempatkan personel agar tidak ada masyarakat yang berkumpul dan mengganggu arus lalu lintas.

"Selain melakukan penjagaan di kawasan yang sering dijadikan titik kumpul masyarakat, kami pun akan melakukan penyekatan di batas Kota Jayapura agar tidak ada mobilisasi warga dari kabupaten lain yang merayakan malam tahun baru di Kota Jayapura," katanya.

"Kami akan melakukan pemeriksaan di batas kota baik dari Keerom maupun Kabupaten Jayapura saat malam hari, supaya tidak ada euforia malam tahun baru yang berlebihan seperti yang telah disampaikan," tambahnya.

Sementara terkait pengamanan ibadah kunci tahun, kata Gustav, ada 287 personel yang disiagakan untuk melakukan pengamanan di 48 gereja di wilayah Kota Jayapura.

Bagaimana situasi di Ambon? Silakan baca halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2