3 Juta Vaksin Sinovac Siap Didistribusikan, Ini Kata Menkes

Yudistira Imandiar - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 14:28 WIB
Budi Gunadi Sadikin
Foto: Yudistira Imandiar
Jakarta - Sebanyak 1,8 juta dosin vaksin dari Sinovac telah tiba di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pendistribusian vaksin akan dilakukan sesegera mungkin.

Dengan kedatangan 1,8 juta dosin vaksin pada batch kedua, secara kumulatif ada 3 juta dosis vaksin Sinovac yang sudah ada di Indonesia. Menurut Menkes, proses distribusi sudah bisa dilakukan di awal tahun 2021.

"Insyaallah dengan doa seluruh rakyat Indonesia, Insyaallah sebelum masyarakat Indonesia kembali bekerja di bulan Januari vaksin ini sudah bisa didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia, untuk kita bisa mulai vaksinasi ke tenaga kesehatan," papar Budi dalam keterangan pers di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (31/12/2020).

Budi juga menyampaikan pada hari Selasa PT Bio Farma dengan menandatangani perjanjian pemesanan vaksin dari Astrazeneca dan Novavax. Masing-masing perusahaan tersebut akan menyediakan 50 juta dosis vaksin untuk Indonesia.

Budi berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama proses pendistribusian vaksin dilakukan. Sebab, vaksin dan protokol kesehatan merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Dibutuhkan waktu lebih dari 12 bulan untuk kita menyelesaikan program vaksinasi ini. Untuk itu teman-teman jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan. Dengan berjalannya program vaksinasi ini kita justru harus selalu menjalankan protokol kesehatan, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," urai Budi.

(mul/mpr)