Round-Up

Kolaborasi Kejagung-Polri Usut Korupsi di Tubuh Asabri

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 22:03 WIB
Direktur Utama PT Asabri Sonny Widjaja
Gedung PT Asabri (Soraya Novika/detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Agung membentuk tim gabungan bersama Polri untuk berkolaborasi mengusut kasus korupsi PT Asabri. Tim tersebut nantinya akan memeriksa alat bukti hingga BAP ulang terkait kasus tersebut.

"Kita akan membentuk atau sudah sih sebenarnya kita akan bentuk sebuah tim kecil dari Kejaksaan dan dari tim Polri adalah yang di Polda Metro Jaya," ujar Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri (Dirtipikor) Brigjen Djoko Poerwanto dalam konferensi pers di gedung Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2020).

Djoko mengatakan pembentukan tim gabungan ini nantinya akan mengusut tindak pidana korupsi Asabri. Tak hanya itu, menurutnya Kejaksaan Agung juga sudah lebih dulu menangani dugaan tindak pidana korupsi yang berkaitan.

"Kita melihat bahwa selain penanganan tindak pidana korupsi Asabri, teman-teman (Kejaksaan Agung) sudah lebih duluan menangani dugaan tindak pidana korupsi berkaitan dengan itu," lanjutnya.

Pihak Polri serta Kejaksaan Agung menyepakati pembentukan tim gabungan ini supaya penuntasan dari kasus tersebut dapat ditangani secara maksimal. Menurutnya, ada beberapa pihak yang saling berkaitan dengan dugaan kasus korupsi yang dilakukan oleh PT Asabri.

"Ada beberapa pihak yang saling berkaitan," ujar Djoko.

Dalam pembentukan tim ini, dipertemukan juga pihak dari kepolisian dengan jaksa yang akan melanjutkan penanganan terkait kasus Asabri. Inti dari pertemuan tersebut adalah ingin mengetahui bagaimana konstruksi penyidikan yang telah dibangun oleh Polda Metro Jaya.

Selain itu, Direktur Penyidikan Kejaksaan Agung Febrie Ardiansyah menyebut pembentukan tim ini juga untuk mengetahui bagaimana alat bukti yang telah ditemukan Polda Metro Jaya sejauh ini sehingga sudah naik ke tahap penyidikan.

"Kita ingin tahu juga bagaimana tindakan-tindakan penyidikan yang sudah dilakukan oleh rekan-rekan penyidik Polda Metro, seperti mungkin penyitaan, penggeledahan, ataupun tindakan lainnya yang terkait dengan penyidikan," jelas Febrie.

Selanjutnya
Halaman
1 2