Urban Legend

Pieter Erberveld: Sosok Hero Batavia, Tubuhnya Tercerai Berai Ditarik Kuda

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 13:52 WIB
Pieter Erberveld (Danu Damarjati/detikcom)
Ilustrasi. Ukiran nama Pieter Erberveld di prasasti. (Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta -

Pieter Erberveld adalah sosok heroik legendaris dari era silam Jakarta. Meski dinilai heroik, hidupnya tragis karena dihukum mati dengan cara ditarik kuda ke empat penjuru. Begini sosok Pieter Erberveld.

William Bradley Horton menuliskan catatannya dalam tulisan berjudul 'Pieter Elberveld: The Modern Adventure of An Eighteenth Century Indonesian Hero', diakses detikcom dari situs Cornell University Library.

Pieter Erberveld adalah nama dari legenda masa lalu, Batavia zaman VOC. Pieter adalah anak dari ayah Jerman dan ibu orang Siam (Thailand) beragama Kristen. Ada pula versi lain menyebut Erberveld punya ibu seorang perempuan Banten beragama Islam. Dikutip dari buku Masatoshi Iguchi (Java Essay), Erberveld adalah anak bungsu dari enam bersaudara.

Dia dikenal karena dihukum oleh VOC (perusahaan Hindia Timur Belanda) gara-gara dituduh merencanakan makar bersama orang-orang pribumi, merencanakan pembantaian terhadap masyarakat Eropa, dan hendak mendirikan negara Islam. Erberveld sendiri, menurut legenda era Hindia-Belanda, adalah orang Kristen yang menjadi Islam.

Kawan seperjuangan Pieter Erberveld adalah Raden Kartadriya, kadang disebut juga sebagai Raden Kertadira, atau Cartadrie. Dilansir ensiklopedi Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta, Raden Kartadriya berasal dari Jawa Tengah, merupakan keturunan Sunan Kalijaga Adilangu.

Simak video 'Urban Legend: Menara Saidah dan Rumor Gedung Berhantu':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, konspirasi makar hingga dihukum mati dengan ditarik 4 kuda:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3