758 Sekolah Jabar Siap Gelar Tatap Muka, Komisi X Minta Pemprov Tinjau Ulang

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 15:50 WIB
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda memprediksi KBM tatap muka pertengahan 2021
Syaiful Huda (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) menyebut 758 dari 800-an sekolah di wilayahnya siap menggelar pembelajaran tatap muka pada Januari 2021. Komisi X DPR RI meminta pelaksanaan sekolah tatap muka ditinjau ulang Pemprov Jabar.

"Ya terkait dengan itu saya sih dalam posisi saya meminta ditinjau ulang ya pelaksanaan tatap muka ini secara keseluruhan," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

Secara khusus, Wasekjen PKB itu mengimbau Pemprov Jabar mengecek kembali kesiapan sekolah yang akan menggelar pembelajaran tatap muka. Menurutnya, semangat membuka sekolah tidak perlu tergesa-gesa.

"Kita minta cek ulang. Pemerintah daerah melakukan cek ulang secara serius terhadap kesiapan sekolah-sekolah itu. Fasilitas dan seterusnya. Termasuk sudah melaksanakan simulasi atau belum sekolah itu," ujar Huda.

"Itu menjadi penting karena sekali lagi semangatnya tidak perlu tergesa-gesa. Semangatnya adalah pada konteks kesiapan sekolah dan pemerintah daerah untuk ini," sambungnya.

Dihubungi secara terpisah, Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian menyebut keputusan menggelar sekolah tatap muka merupakan keputusan pemerintah daerah. Namun, ia mengingatkan semua pihak untuk berhati-hati.

"Keputusan terkait pembukaan sekolah memang ada di tangan pemda. Namun saya meminta para pengambil kebijakan di daerah untuk menerapkan prinsip kehati-hatian dalam pengambilan keputusan," ujar Hetifah.

Waketum Partai Golkar itu menyarankan daerah yang kasus penularan Corona masih tinggi tidak menggelar sekolah tatap muka. Ia berharap semua pihak dapat menghindari dampak negatif dari pandemi COVID-19.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2