Round-Up

Ketika Din Anggap Tawaran Wamendikbud Rendahkan Muhammadiyah

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Des 2020 06:32 WIB
Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang digagas sejumlah tokoh dan aktivis seperti Din Syamsuddin, Gatot Nurmantyo, Syahganda Nainggolan, dan M Jumhur Hidayat, mengajak masyarakat untuk menghadiri acara deklarasi yang akan digelar pada Selasa, 18 Agustus 2020 di Lapangan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.
Din Syamsuddin (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Sikap Sekum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, yang menolak jabatan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) dipuji Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pondok Labu Jakarta Selatan, Din Syamsuddin. Din bahkan menyebut tawaran pos Wamendikbud itu telah merendahkan Muhammadiyah.

Cerita bermula saat daftar wakil menteri beredar menjelang pelantikan pada Rabu (23/12/2020). Dalam daftar yang beredar itu, Abdul Mu'ti disebut sebagai calon Wamendikbud.

Namun saat pelantikan berlangsung, Abdul Mu'ti tak tampak hadir di Istana. Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya melantik lima wakil menteri.

Abdul Mu'ti lantas menceritakan awal mula dirinya masuk kandidat Wamendikbud. Dia mengaku sempat bersedia mengemban amanah saat dihubungi Mensesneg Pratikno.

"Awalnya, ketika dihubungi oleh Pak Mensesneg dan Mas Mendikbud, saya menyatakan bersedia bergabung jika diberi amanah," kata Mu'ti lewat akun Twitter @Abe_Mukti.

Namun Mu'ti kemudian berubah pikiran. Dia menyatakan tak akan bergabung di Kabinet Indonesia Maju.

"Tetapi, setelah mengukur kemampuan diri, saya berubah pikiran. Semoga ini adalah pilihan yang terbaik," kata Mu'ti.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk tidak bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju dalam jabatan wakil menteri," sambung dia.

Mu'ti menyebut amanah tersebut sangat berat. Mu'ti menilai dirinya bukan sosok yang tepat mengisi jabatan Wamendikbud.

"Saya merasa tidak akan mampu mengemban amanah yang sangat berat itu. Saya bukanlah figur yang tepat untuk amanah tersebut," tutur dia.

Simak video 'Alasan Abdul Mu'ti Tolak Tawaran Jokowi Jadi Wamendikbud':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2