Jokowi Siap Jadi yang Pertama Divaksin COVID-19, Bagaimana dengan Menteri?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 19:14 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan diri siap menjadi orang pertama yang akan divaksin COVID-19. Lalu bagaimana dengan para menterinya?

Hal tersebut juga ditanyakan awak media saat penyampaian perkembangan penanganan COVID-19 di channel YouTube BNPB, Kamis (24/12/2020). Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mendapatkan pertanyaan apakah para menteri akan divaksinasi Corona setelah Presiden Jokowi atau tidak.

"Presiden berkomitmen untuk mendapatkan vaksin COVID-19 pertama kali," ujar Wiku.

Wiku menjelaskan komitmen Jokowi tersebut bertujuan meyakinkan masyarakat bahwa vaksin COVID-19 aman. "Agar dapat memberikan keyakinan kepada seluruh masyarakat bahwa vaksin aman untuk digunakan untuk seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan akan menjadi penerima vaksin virus Corona (COVID-19) pertama di Indonesia. Keputusan ini diambil Jokowi guna meyakinkan masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.

"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama divaksin, pertama kali," kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12).

Keputusan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19 ini, kata Jokowi, diambil guna memberikan kepercayaan kepada masyarakat. Dia menekankan vaksin yang digunakan aman.

"Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," kata dia.

Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Dia menyebut protokol harus diterapkan secara disiplin.

"Terakhir saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan untuk kebaikan kita semua," kata dia.

(man/gbr)