Polisi Ungkap Motif Pelaku Begal Sepeda Bawa Celurit di Bekasi

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 15:21 WIB
Ilustrasi begal sepeda
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Polisi berhasil menangkap MF dan AS, pelaku begal sepeda yang membawa celurit di sekitar Grand Kamala Lagoon, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Polisi membeberkan salah satu motif pelaku melakukan aksinya.

"Untuk motif, kami masih mendalami. Cuma kalau keterangan sementara dari tersangka, mereka ini mau incar uang sebenarnya, mau minta uang, tapi random saja apa yang didapat apa itu yang diambil," kata Kanit Reskrim Polsek Bekasi Selatan Iptu Roy Mastur Situmorang saat dihubungi, Kamis (24/12/2020).

Roy menyebut pelaku sebenarnya ingin merampas uang korban berinisial L. Pelaku sempat hendak mengangkut sepeda seharga puluhan juta rupiah milik korban, tapi aksinya gagal.

Polisi menyebut pelaku begal sepeda ini sudah tiga kali beraksi di wilayah Bekasi. Roy mengatakan masih mendalami keterangan pelaku.

"Informasi sementara kami dapat, mereka sudah tiga kali beraksi di sekitar wilayah Bekasi, namun wilayahnya kami dalami dulu," ujar Roy.

Sebelumnya, aksi begal sepeda dengan membawa celurit terjadi di sekitar Grand Kamala Lagoon, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Polisi berhasil menangkap dua pelaku begal berinisial MF dan AS.

"Pelakunya sudah ditangkap berkat bantuan dari sekuriti juga yang mengetahui pelat nomor, jenis motor, dan ciri-ciri pelaku pada saat itu. Pelaku inisial MF dan AS," kata Kanit Reskrim Polsek Bekasi Selatan Iptu Roy Mastur Situmorang saat dihubungi, Kamis (24/12).

Roy mengatakan peristiwa begal ini terjadi pada Selasa (22/12) sekitar pukul 06.00 WIB. Korban berinisial L tertinggal dari rombongannya dan dipepet pelaku dengan mengacungkan celurit.

Korban tetap berusaha mengayuh sepedanya mendekati rombongan. L akhirnya terjatuh dan pelaku sempat nyaris membawa sepeda korban.

"Dihampiri sempat sama pelaku, tapi terjatuh. Itu sudah terlihat teman-temannya agak ramailah, ada orang. Akhirnya pelaku tidak membacok, dia malah sempat mengangkat sepedanya, mau ambil. Ketika sudah diangkat sepedanya, korban teriak 'Begal, begal!' Akhirnya mungkin dia panik, dilepaskan sepedanya itu, terus mereka kabur," ujar Roy.

Polisi akhirnya menangkap dua pelaku berkat bantuan sekuriti yang melihat pelat nomor kendaraan dan mengetahui ciri-ciri pelaku. Pelaku saat ini ditahan di Mapolsek Bekasi Selatan. (zap/zap)