ADVERTISEMENT

Alasan PN Jaktim Vonis Djoko Tjandra dkk Lebih dari Tuntutan Jaksa

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 11:30 WIB
Sidang kasus surat jalan palsu
Sidang kasus surat jalan palsu. (Dwi Andayani/detikcom)

Terkait Djoko Tjandra, Alex menjelaskan alasan majelis hakim memperberat hukuman Djoko Tjandra karena dia adalah seorang aktor dalam kasus ini. Perbuatan Djoko Tjandra yang menyuruh Anita dan kemudian melibatkan Brigjen Prasetijo untuk meloloskan dia masuk ke Indonesia dinilai salah.

"Ya emang aktornya kan Djoko Tjandra, Djoko Tjandra ini mestinya kalau beritikad baik ya dari dulu, bukan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuannya, kan dia mau ke Indonesia, sebenarnya kan ada jalur hukum kalau dia emang benar-benar mau mengajukan upaya hukum, mau ajukan PK ya hak dia, tapi secara koridor mestinya tidak seperti itu," tutur Alex.

Untuk diketahui, Djoko Tjandra divonis 2,5 tahun bui, lebih tinggi dari tuntutan jaksa yang menuntut hukuman 2 tahun penjara.

Lalu, Brigjen Prasetijo. Mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri yang divonis 3 tahun penjara. Vonis Praaetijo pun lebih tinggi dari tuntutan jaksa 2,5 tahun bui.

Terakhir, terdakwa Anita Dewi Kolopaking juga divonis 2,5 tahun penjara. Hukuman untuk Anita lebih berat 6 bulan dari tuntutan jaksa.


(zap/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT