Relawan Jokowi Soroti Khusus 3 Menteri Baru Jokowi Berlatar Pengusaha

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 08:09 WIB
6 Menteri Baru Presiden Jokowi
Foto: YouTube Sekretariat Kabinet RI
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk 6 menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Relawan Jokowi Mania atau JoMan menyoroti 3 menteri Jokowi yang berlatar belakang pengusaha.

"Jangan sampai ada oligarki bisnis. Kita mencatat ada Lutfi (Mendag M Lutfi), Uno (Menparekraf Sandiaga Uno), dan Trenggono (Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono), yang background-nya pengusaha. Jangan sampai kekuasaan yang diberikan menguntungkan kelompoknya," kata Ketum JoMan Immanuel Ebenezer atau Noel, Rabu (23/12/2020).

Meski demikian, JoMan masih meyakini para menteri terpilih itu adalah hasil pencarian terbaik. Pastinya, tambah Noel, Presiden Jokowi sudah memikirkan ketika memilih 6 menteri baru tersebut.

"Menteri berlatar pengusaha bisa baik juga. Menteri BUMN Erick Thohir yang sampai detik ini dipercaya oleh presiden, beliau sosok yang layak menjadi contoh nyata buat para menteri yang baru terpilih. Karena kemampuan manajerial, kreativitas, dan punya banyak jaringan, Erick Thohir tetap fokus mengawal visi misi presiden," sebut Noel.

Tiga menteri baru Jokowi lainnya adalah Mensos Tri Rismaharini atau Risma, Menkes Budi Gunadi, dan Menag Yaqut Cholil Qoumas. Noel mengatakan mereka punya kredibilitas baik dan seharusnya bisa menjadi jembatan kebijakan Jokowi ke rakyat.

"Kami akan pelototi kinerja mereka," tandas Noel.

(gbr/gbr)