Round-up

Jejak Prabowo-Sandiaga: Duet di Pilpres hingga Bareng di Kabinet

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 07:17 WIB
Polres Madiun mengamankan 87 orang yang akan berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi 22 Mei. Selain itu polisi juga turut mengamankan ribuan dokumen Pemilu.
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno harus menerima kenyataan kalah di Pilpres 2019 melawan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Pilpres berlalu, Prabowo-Sandi kini gabung ke pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. Begini jejak Prabowo-Sandi, duet di pilpres yang kini bareng di kabinet.

Prabowo dan Sandiaga Uno mendeklarasikan duet Pilpres 2019 mereka di kediaman Prabowo, Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (9/8/2018). Elite PAN dan PKS menyaksikan deklarasi itu.

"Gerindra, PKS, dan PAN telah memberi kepercayaan kepada saya dan Saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia," ujar Prabowo.

Sejatinya, nama Prabowo Subianto santer diisukan bakal didampingi kader Partai Demokrat di Pilpres 2019. Drama pun mengiringi deklarasi capres-cawapres Prabowo-Sandi dengan Demokrat menolak nama Sandiaga Uno. Seiring berjalannya waktu, Demokrat merapat mengusung Prabowo-Sandi.

Prabowo-Sandi berjuang merebut hati rakyat dengan berkampanye hingga masa tenang jelang coblosan. Prabowo-Sandi terlibat debat panas dengan Jokowi-Ma'ruf kala itu.

Publik mengingat betapa sengitnya persaingan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pada akhirnya, Jokowi-Ma'ruf keluar sebagai pemenang yang ditetapkan KPU pada Mei 2019.

Politik adalah politik, tak ada musuh abadi. Jokowi merangkul Prabowo Subianto usai Pilpres 2019. Dua kursi menteri diberikan Jokowi kepada Gerindra, satu kursi Menteri Pertahanan untuk Prabowo Subianto serta posisi Menteri Kelautan dan Perikanan bagi Edhy Prabowo.

Sayang beribu sayang, amanah Jokowi untuk Edhy Prabowo tak bisa disaksikan hingga tuntas. Edhy Prabowo dicokok KPK karena dugaan korupsi ekspor benur atau benih lobster.

Isu reshuffle pun menguat setelah penangkapan Edhy Prabowo. Apalagi tak lama setelahnya, Menteri Sosial Juliari Batubara ikut ditangkap KPK dalam kasus dugaan korupsi dana bansos Corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2