'Woman Care Day' Polda NTT: Latih Perempuan Mandiri saat Pandemi

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 21:51 WIB
Woman Care Day Polda NTT: Latih Perempuan Mandiri saat Pandemi
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) memperingati Hari Ibu dengan memperkenalkan program Woman Care Day. Polda NTT menjelaskan program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kaum perempuan di NTT.

"Tepat di Hari Ibu pada 22 Desember 2020, kami bekerja sama dengan Jasa Raharja dan IFG Group memperkenalkan program tentang penguatan pengembangan pelayanan publik. Program sebenarnya sudah ada beberapa waktu lalu, saat saya di NTT. Alhamdulillah respon baik datang dari masyarakat NTT," kata Kapolda NTT, Irjen Lotharia Latif dalam keterangan tertulis, Selasa (22/12/2020).

Latif menjelaskan program Woman Care Day dimulai dari pelayanan SIM untuk komunitas-komunitas perempuan di NTT. Latif menuturkan nantinya program Woman Care Day tak hanya fokus pada pelayanan SIM, kendati juga di sektor lain yang masih berhubungan dengan kewenangan polisi.

"Ke depannya, program ini tidak hanya terfokus pada pelayanan SIM semata, tapi akan ditingkatkan pada pelayanan publik kepolisian lainnya. Jasa Raharja juga merespon program ini dengan memberikan pelatihan kepada istri-istri dari korban kecelakaan lalu lintas yang menanggung peran sebagai tulang punggung keluarga," jelas Latif.

Latif memaparkan rangkaian pelatihan yang dimaksud mulai dari keterampilan menjahit, tata boga, kemudian pemberian modal usaha hingga digital marketing. "Keahlian yang nantinya membantu kaum ibu, kaum perempuan mampu membangun usaha kecil menengah dan mengembangkan usahanya," sambung dia.

Latif menyampaikan Woman Care Day diperkenalkan tepat di Hari Ibu sebagai penghormatan terhadap harkat dan martabat perempuan dan anak. Dia berharap program Woman Care Day dapat menjadi program percontohan tingkat nasional.

"Bantuan pelatihan produksi, pengemasan produk, pemasaran secara digital, bantuan alat komunikasi, penyediaan market plus melalui Grab Food dengan pembuatan kanal khusus Woman Care Day Polda NTT di aplikasi Grab Food. Harapan saya tentunya ini menjadi role model yang juga bisa dilaksanakan serentak di tingkat nasional, di mulai dari Timur Indonesia," tutur Latif.

Terlebih di masa pandemi Corona (COVID-19), program Woman Care Day dinilai membawa dampak positif yang besar bagi kaum perempuan di NTT. "Manfaatnya sangat besar untuk mendapatkan penghasilan, untuk meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu para janda khususnya, di tengah masa pandemi COVID-19 saat ini," pungkas mantan Kakor Polairud Baharkam Polri ini.

(aud/aud)