PKS ke Kemendagri soal Rapat Bahas FPI: Jadi Pembina Ormas Bukan Pembinasa

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 07:39 WIB
Mardani Ali Sera
Mardani Ali Sera (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) disebut menggelar rapat internal dengan salah satu agenda membahas Front Pembela Islam (FPI). PKS menekankan bahwa tugas Kemendragi adalah membina organisasi kemasyarakatan (ormas).

"Saya berharap Kemendagri bijak menjadi pembina ormas, bukan pembinasa ormas. Biarkan itu domain pengadilan," kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, kepada wartawan, Senin (21/12/2020) malam.

Mardani menyebut Kemendagri harus menjadi pembina semua organisasi masyarakat. Dia menyebut ormas yang dibina dengan baik akan menjadi unsur kekuatan sosial di masyarakat.

"Kemendagri posisi sebagai pembina ormas. Semua ormas mesti disayangi karena semua ormas jika dikelola dan dibina dengan baik akan jadi unsur kekuatan sosial di masyarakat," tutur dia.

Lebih lanjut, anggota Komisi II DPR RI itu memberi saran untuk menangani FPI. Salah satu caranya adalah dengan kasih sayang.

"Semua paling baik ditangani dengan hati dan penuh kasihan sayang," jelas dia.

Sebelumnya, beredar kabar di media sosial (medsos) yang menyebut Kemendagri akan menggelar rapat untuk membahas pembubaran FPI. Dalam informasi yang beredar, disebut rencana pembubaran FPI untuk memecah fokus dalam mengusut tuntas kasus penembakan enam anggota laskar FPI.

Namun kabar yang beredar itu dibantah oleh Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Kemendagri, Imran. Menurutnya, kabar tersebut tidak benar alias hoax.

"Tidak benar, sekali lagi, ini hanya rapat internal dan menyamakan persepsi dari pertanyaan yang muncul di masyarakat terkait status FPI saat ini," ujar Imran saat dihubungi, Minggu (20/12).

Tonton video 'Polisi Akan Tindak Tegas Ormas Gaya Preman':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2