Round-Up

Staf Kedubes Jerman ke FPI Jadi Masalah, Munarman Bilang 'Terserah'

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 21 Des 2020 23:54 WIB
Munarman saat menghadiri aksi damai 2 Desember di Monas, Jakarta, Jumat (2/12/2016).
Munarman (Foto: Hasan Al Habshy)

Kedubes Jerman Minta Maaf dan Tarik Staf yang ke Markas FPI

Kemlu telah bertemu dengan perwakilan Kedubes Jerman soal salah seorang staf diplomatik mereka yang ke markas FPI di Petamburan, Jakarta. Ini hasilnya.

"Kedubes Jerman menyampaikan bahwa staf diplomatik tersebut telah diminta kembali segera (ke Jerman, red) untuk mempertanggungjawabkan tindakannya dan memberikan klarifikasi kepada pemerintahnya," ujar pernyataan resmi Kemlu RI, Senin (21/12/2020).

Dalam pertemuan dengan Kemlu, Kedubes Jerman mengatakan bahwa staf diplomatiknya ke markas FPI atas inisiatif pribadi.

Kedubes Jerman menyampaikan permintaan maaf dan menyesalkan kejadian ini.

"Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyampaikan bahwa keberadaan staf Kedubes Jerman di tempat tersebut dan pertemuan yang dilakukan adalah atas inisiatif pribadi tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedutaan Besar Jerman. Atas kejadian ini, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman sampaikan permintaan maaf dan penyesalannya atas kejadian tersebut," jelas Kemlu.

Kedubes Jerman pun menyampaikan dukungan pemerintah Jerman untuk melanjutkan kerja sama bilateral dengan Indonesia untuk melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian. Lebih lanjut, Kemlu menuntut Kedubes Jerman memberikan pernyataan resmi ke publik soal staf diplomatiknya yang ke markas FPI.

"Kementerian Luar Negeri menuntut agar Kedutaan Besar Jerman memberikan pernyataan resmi kepada publik sebagaimana yang dijelaskan kepada Kementerian Luar Negeri," tegas Kemlu.

Munarman: Terserah Mereka Bantah, Kami Nggak Peduli

Atas klarifikasi Kedubes Jerman, FPI menegaskan pernyataannya terkait maksud kedatangan perwakilan Kedubes Jerman ke markas mereka adalah fakta.
"Semua dibantah kalau sama mereka. Terserah mereka deh. Mereka mau putarbalikan dunia terserah mereka," kata Sekretaris Umum FPI, Munarman, di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020).

Munarman menyebut pihaknya sudah menyampaikan fakta yang mereka ketahui. Dia juga mengaku tak peduli terkait dampak dipulangkannya perwakilan Kedubes Jerman itu ke negara asalnya.

"Terserah mereka mau bantah apa. Kita sudah nggak peduli. Yang penting kita menyampaikan fakta yang ada pada kita. (Perwakilan Kedubes Jerman ditarik) ya nggak apa-apa, itu kan urusan diplomatik. Urusan lain itu, bukan urusan saya," pungkasnya.

Halaman

(aan/eva)