Hari Pekerja Migran Internasional, Jokowi Beri Kado Istimewa

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 17:22 WIB
Lounge Pekerja Migran Indonesia (Dok BP2MI)
Lounge Pekerja Migran Indonesia (Dok BP2MI)
Jakarta - Hari ini merupakan hari pekerja migran internasional. Pemerintah Indonesia memberikan kado istimewa untuk para pahlawan devisa. Berikut adalah kado tersebut.

Dilansir siaran pers Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), kado itu berupa fasilitas VVIP bagi pekerja migran Indonesia di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Hari ini, di peringatan Hari Pekerja Migran Internasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memberikan kado terbaik dan teristimewa kepada para PMI berupa berbagai fasilitas VVIP," ujar Kepala BP2MI, Benny Rhamdani.

Acara digelar di Bandara Soekarno-Hatta. Bandara-bandara lain segera menyusul untuk menyediakan fasilitas VVIP yang sama bagi pekerja migran Indonesia (PMI). Ada empat fasilitas yang diresmikan:

1. Jalur cepat keimigrasian untuk layanan kepulangan dan keberangkatan pekerja migran Indonesia (PMI).
2. Lounge pekerja migran Indonesia (PMI) berupa fasilitas ruang tunggu nyaman.
3. Helpdesk atau pos pelayanan dan pengaduan bagi pekerja migran Indonesia (PMI) bagi pekerja yang punya masalah.
4. Gerai pekerja migran Indonesia (PMI) untuk pemasaran produk usaha purna PMI.

Benny menjelaskan, fasilitas-fasilitas ini merupakan wujud rasa hormat kepada para pekerja migran. Fasilitas yang didapatkan untuk pekerja migran ini belum pernah ada kecuali untuk penumpang kelas atas macam pejabat diplomatik atau kru pesawat.

"Hebatnya Presiden Joko Widodo menyediakan jalur khusus bagi PMI, dan ini menjadi yang pertama di Indonesia bahkan mungkin dunia. Peresmian fasilitas VVIP ini menjadi kado istimewa bagi PMI sebagai bentuk apresiasi kami kepada para PMI, sang pahlawan devisa," jelas Benny.

Selanjutnya, deretan berbagai MoU demi pekerja migran Indonesia:

Selanjutnya
Halaman
1 2