Sirekap Pilgub Bengkulu 100%: Petahana Menang, Adik Zulkifli Hasan Tumbang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 13:41 WIB
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah (Hery Supandi)
Rohidin Mersyah (Hery Supandi)
Bengkulu -

Hasil penghitungan formulir model C.Hasil-KWK yang dikirim KPPS lewat Sistem Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) Pilgub Bengkulu telah tuntas. Rohidin Mersyah-Rosjonsyah menang versi Sirekap.

Dilihat detikcom dari situs pilkada2020.kpu.go.id, hingga pukul 13.30 WIB, Jumat (18/12/2020), terlihat total 4.341 TPS di Bengkulu telah terdata.

Jumlah TPS yang telah terdata itu tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bengkulu. Berikut ini hasil Pilgub Bengkulu versi Sirekap di situs KPU:

1. Helmi Hasan- (Alm) Muslihan Diding Soetrisno (327.746 suara atau 32,2%)
2. Rohidin Mersyah-Rosjonsyah (418.429 suara atau 41,1%)
3. Agusrin Maryono-Imron Rosyadi (271.687 suara atau 26,7%)

Hasil tersebut bukan merupakan hasil resmi Pilgub Bengkulu. Apabila ada kekeliruan data pada formulir model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat kecamatan.

"Data yang ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka," demikian tulis KPU dalam situs tersebut.

Paslon nomor urut 1, Helmi Hasan-Muslihan, diusung PAN, Hanura, dan NasDem. Helmi merupakan adik Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Dia melaju sendirian setelah Muslihan wafat sebelum pemilihan.

Paslon nomor urut 2 adalah Rohidin Mersyah-Rosjonsyah. Paslon ini diusung PDIP, Golkar, PKS, Demokrat, dan PPP. Rohidin merupakan Gubernur Bengkulu saat ini.

Paslon nomor urut 3 adalah Agusrin Maryono-Imron Rosyadi yang diusung Gerindra, PKB, dan Perindo. Agusrin merupakan mantan Gubernur Bengkulu.

(haf/tor)