Energy Fest 2020 Tempa Milenial Jadi Individu Tahan Banting

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 23:34 WIB
Kementerian ESDM
Foto: Kementerian ESDM
Jakarta -

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Energy Fest 2020 secara virtual. Kegiatan ini bagian dari kampanye edukasi dan pengenalan sektor energi yang difokuskan bagi para pelajar dan mahasiswa yang tergolong sebagai generasi milenial.

Energy Fest 2020 menghadirkan sosok inspiratif dari kalangan birokrat yang berkontribusi membangun sektor energi. Hadir pula dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut para kalangan profesional bagaimana langkah taktis dalam mengembangkan kapabilitas diri.

Mewakili kalangan birokrat, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana berbagi pengalaman bagaimana perjalanan meniti karir menjadi birokrat unggul di sektor energi. Ia berharap, melalui kegiatan ini para milenial dapat memperoleh gambaran umum saat terjun langsung menekuni dunia birokrasi.

"Adik-adik di masih SMA dan Kuliah mulai sekarang mulai memikirkan untuk rencana ke depan. Mau milih sektor apa? ini yang paling penting dalam perjalanan hidup kita," kata Dadan dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (16/12/2020).

Keseriusan dan persistensi diyakini Dadan sebagai modal untuk sukses dalam berbagai hal.

"Jadi jangan terlalu cepat menyerah apalagi perihal ketidakmampuan ekonomi. Belajar dengan baik dalam berbagai hal. Jangan terlalu takut apa yang kita lakukan itu salah," ungkap Dadan.

Pria lulusan Institut Pertanian Bogor dan Universitas Kyoto tersebut mengatakan sekolah dapat dijadikan jalur yang tepat dalam meningkatkan kapabilitas diri.

"Saya ini kan dari orang biasa, tidak banyak kelebihan. Kesuksesan yang saya dapat juga sebagaimana pada umumnya, yakni sekolah. Yang membedakan adalah perjuangannya," imbuhnya.

Dadan yang saat ini juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM berpesan agar generasi muda tidak berorientasi pada jabatan, tetapi lebih fokus pada kinerja.

"Jadilah dirimu, yang menurut kita benar lakukanlah. Yang dilakukan sekarang itu pasti ada manfaatnya," urainya.

Guna memetakan potensi peserta yang ikut Energy Fest, Kementerian ESDM menghadirkan perwakilan dari PT Tes Bakat Indonesia, perusahaan psikologis yang membantu orang-orang untuk menjadi individu lebih baik. Perwakilan PT Tes Bakat Indonesia Monica Christian. mengingatkan para peserta agar jangan menyalahkan orang lain saat mendapati kegagalan, tapi langsung introspeksi diri.

Lebih lanjut, Monica menegaskan tiga hal penting dalam menunjang karier, yaitu potensi, personalia, sama passion.

Sebagai informasi, Energy Fest 2020 yang digelar selama 2 hari pada Rabu dan Kamis (16-17/12) ini dihadiri lebih dari 1.300 peserta melalui Zoom Cloud Meeting dari berbagai pelajar Sekolah Menengah Atas dan mahasiswa Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Acara ini juga bisa disaksikan secara langsung di laman YouTube Kementerian ESDM.

(mul/ega)