Bappenas Akan Gelar SDGs Annual Conference 2020 Secara Virtual

Abu Ubaidillah - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 15:07 WIB
Bappenas
Foto: dok. sacindonesia2020.com
Jakarta -

Memasuki tahun keempat Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs), Kementerian PPN/Bappenas selaku Koordinator Pelaksanaan SDGs Indonesia akan menggelar seminar virtual SDGs Annual Conference 2020.

Acara ini akan mengusung tema 'Bangkit dari COVID-19 dengan Menggunakan Ilmu Pengetahuan dan Inovasi Berkelanjutan yang merupakan webinar penutup dari rangkaian kegiatan Indonesia's SDGs Annual Conference 2020 atau Konferensi Tahunan SDGs Indonesia 2020.

"Meski digelar di tengah pandemi COVID-19, SDGs Annual Conference akan tetap menjadi sarana refleksi perjalanan tahunan pencapaian SDGs serta menjadi ajang untuk menyusun strategi yang lebih baik untuk masa mendatang," tulis dikutip dari sacindonesia2020.com, Rabu (16/12/2020).

Tema 'Bangkit dari COVID-19 Melalui Ilmu Pengetahuan dan Inovasi Berkelanjutan' terinspirasi dari Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres yang mengatakan ilmu pengetahuan adalah sahabat terhebat dalam upaya mencapai SDGs.

Ketua Dewan Pengarah Pelaksanaan Pencapaian SDGs, Presiden Joko Widodo akan membuka SDGs Annual Conference 2020 yang akan menghimpun masukan dari pakar, praktisi, dan akademisi bereputasi dunia sebagai upaya pemulihan ekonomi dan reformasi sosial sekaligus bangkit dari pandemi COVID-19.

Dalam acara ini Utusan Khusus Dirjen WHO untuk COVId-19, David Nabarro juga akan memaparkan materi 'Reformasi Sistem Kesehatan Menghadapi COVID-19 untuk Pencapaian SDGs'.

Koordinator Nasional Pelaksanaan SDGs sekaligus Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa serta Ketua Tim Pelaksana SDGs sekaligus Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas selaku juga akan memberikan arahan dalam agenda virtual ini.

SDGs Annual Conference 2020 yang digelar atas kerja sama Kementerian PPN/Bappenas dan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) ini juga akan disi Kuliah Umum 'Widjojo Nitisastro Memorial Lecture 2020' oleh Ketua AIPI, Prof. Dr. Ir. Satryo S. Brodjonegoro yang akan memberikan pengantar 'Ilmu Pengetahuan dan Inovasi yang Berkelanjutan untuk Bangkit dari COVID-19'.

Selain itu ada pula orientasi ilmiah bertema 'Mengindustrikan Sumber Daya Nabati: Membangun Bioekonomi' oleh Anggota Komisi Ilmu Rekayasa AIPI, Dr. Ir. Tatang Hernas Soerawidjaja yang juga merupakan Pakar Pengembangan Teknologi, Industri, dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati.

"Selain kegiatan akademik, SDGs Annual Conference 2020 juga akan menampilkan stand-up comedy mengenai pembangunan berkelanjutan, pengumuman penerima penghargaan kegiatan SDGs, penerima penghargaan Duta Kampus SDGs Indonesia, dan peluncuran buku 'Thinking Ahead: Indonesia's Agenda of Sustainable Recovery from COVID-19 Pandemic'," lanjut keterangan resmi sacindonesia2020.com tersebut.

Pendaftaran SDGs Annual Conference 2020 dibuka untuk umum mulai 13 Desember 2020. Daftarkan diri Anda melalui website www.sacindonesia2020.com serta pantau media sosial SDGs Indonesia di Instagram & Twitter @SDGs_Indonesia serta Facebook & LinkedIn SDGs Indonesia.

Kuota peserta terbatas hanya 1.000 melalui platform Zoom. Anda juga bisa melihat siaran langsungnya melalui YouTube Bappenas RI dan SDGs Indonesia.

(prf/ega)