Kemlu Nyatakan Tak Pernah Berhubungan dengan Israel, Bicara soal Palestina

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 15:07 WIB
Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah.
Teuku Faizasyah (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menanggapi kabar Indonesia akan membuka hubungan dengan Israel. Kemlu menyatakan tidak pernah berhubungan dengan Israel.

"Kemlu tidak pernah berhubungan dengan Israel," kata juru bicara Kemlu, Teuku Faizasyah, Selasa (15/12/2020).

Faizasyah lantas menegaskan sikap politik luar negeri terkait Palestina. Faizasyah menjelaskan diplomasi yang dijalankan oleh Indonesia pasti berdasarkan amanah konstitusi.

"Dalam menjalankan politik luar negeri RI terkait isu Palestina, Kemlu berdiplomasi secara konsisten sesuai amanah konstitusi," ujar dia.

Kabar mengenai isu hubungan Indonesia dengan Israel itu sebelumnya diembuskan oleh Times of Israel yang mengutip Channel 12. Salah satu sumber diplomatik mengatakan kepada Channel 12 ada dua negara yang akan melakukan normalisasi hubungan dengan Israel, yakni Oman dan Indonesia.

Menurut sumber itu, kedua negara yang dia sebutkan tersebut menjadi negara selanjutnya setelah Maroko dan Israel sepakat melakukan normalisasi hubungan. Selain itu, ada beberapa negara Arab lain yang sudah melakukan normalisasi hubungan, seperti Sudan, Bahrain, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Normalisasi hubungan negara-negara itu dengan Israel disebut dilakukan sebelum Presiden Donald Trump lengser dari jabatannya.

(knv/fjp)