Dharma Wanita Kementerian ESDM Kukuhkan 8 Unsur Pelaksana

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Senin, 14 Des 2020 23:28 WIB
Kementerian ESDM
Foto: Kementerian ESDM
Jakarta -

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaksanakan pengukuhan pengurus delapan unsur pelaksana DWP di Lingkungan Kementerian ESDM Masa Bakti 2019-2024. Delapan unsur pelaksana (UP) DWP tersebut adalah UP Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba), Ditjen Ketenagalistrikan, Badan Geologi, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) ESDM, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM, dan Dewan Energi Nasional (DEN).

Pada pengukuhan yang dilakukan secara daring tersebut, Penasihat DWP Kementerian ESDM Ratna Arifin Tasrif berharap seluruh anggota DWP yang merupakan istri Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ASN perempuan, agar dapat berperan aktif mendukung suami dalam wadah organisasi DWP.

"Saya berharap untuk para ASN di lingkungan Kementerian ESDM agar berperan aktif dalam mendukung para suami dengan bentuk partisipasi dan komitmennya dalam wadah organisasi DWP umumnya, dan khususnya DWP Kementerian ESDM, dan DWP unsur pelaksana, sampai unit pelaksana di masing-masing direktorat," ujar Ratna dalam keterangan tertulis, Senin (14/12/2020).

Ratna juga mengatakan peran istri sangat besar sebagai pendamping suami. "Seperti kata pepatah, di balik kesuksesan suami ada peran istri yang hebat di sampingnya. Ini menunjukkan bahwa betapa peran istri sangat besar menjadi pendamping dalam meniti karir suami dalam pekerjaan dan kehidupan berkeluarga, juga lingkungannya," imbuhnya.

Ratna pun mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus unsur pelaksana yang dikukuhkan. "Selamat kepada ketua Unsur Pelaksana DWP Kementerian ESDM yang dikukuhkan pada hari ini oleh ketua DWP Kementerian ESDM. Selamat menjalankan tugas dengan komitmen dan amanah. Sukses untuk DWP Kementerian ESDM," tuturnya.

Ketua DWP Kementerian ESDM Ivanna Ego Syahrial mengatakan DWP selayaknya memiliki standing position dan mengambil peran strategis dalam pembangunan keluarga nasional. Hal tersebut dituangkan menjadi visi DWP Kementerian ESDM.

"Sebagai salah satu organisasi wanita terbesar di Indonesia, yang beranggotakan para istri ASN yang profesional, sudah selayaknya DWP memiliki standing position, dan mengambil peran strategis untuk memperkuat peran perempuan dalam pembangunan keluarga nasional," ungkap Ivanna.

Ia pun menyebutkan misi DWP yang merupakan penjabaran dari visi tersebut. Misi pertama adalah mewujudkan sumber daya manusia DWP yang kompeten dan berdaya saing global, kemudian yang kedua mewujudkan kesejahteraan anggota, keluarga, dan masyarakat sekitarnya melalui pendidikan ekonomi dan sosial budaya.

"Ketiga, memantapkan kolaborasi multipihak dalam pelaksanaan program kerja DWP, dan keempat mengembangkan sistem informasi manajemen DWP," tambahnya.

Senada dengan Ratna, Ivanna juga menyebutkan setiap anggota DWP berkewajiban untuk mendukung suami yang tengah menjalankan tugas penting dari negara.

"Para istri ASN aktif yang saat ini suaminya diamanahkan oleh negara untuk menjalankan tugas penting negara, berkewajiban untuk mendukung suami dalam bentuk partisipasi dalam wadah organisasi DWP umumnya, dan DWP Kementerian ESDM pada khususnya," tukasnya.

Ivanna pun menambahkan para suami atau para pejabat eselon I di lingkungan Kementerian ESDM adalah penasihat untuk Ketua UP masing-masing DWP Unit Eselon I.

"Saya ingin me-refresh lagi, untuk para suami, khususnya pejabat eselon I, adalah penasihat untuk Ketua UP di masing-masing unit yang mereka pimpin," ujarnya.

Di penghujung acara, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial memberikan selamat kepada Ketua dan Unsur Pelaksana DWP Kementerian ESDM.

"Atas nama keluarga besar Kementerian ESDM, saya mengucapkan selamat kepada ketua dan unsur pelaksana DWP Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, serta para ketua dan UP DWP, semua unit yang telah dikukuhkan hari ini oleh ketua DWP Kementerian ESDM, Ibu Ivana Ego Syahrial. Selamat menjalankan tugas dan terus aktif berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan. Sukses untuk DWP KESDM," tutur Ego.

Adapun, para penasihat UP adalah sebagai berikut.

Penasihat Unsur Pelaksana Sekretariat Jenderal: Sekretaris Jenderal Ego Syahrial
Penasihat Unsur Pelaksana Inspektorat Jenderal: Inspektur Jenderal Akhmad Syakhroza
Penasihat Unsur Pelaksana Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi: Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji
Penasihat Unsur Pelaksana Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan: Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana
Penasihat Unsur Pelaksana Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara: Direktur Jenderal Minerba Ridwan Djamaluddin
Penasihat Unsur Pelaksana Direktorat Jenderal EBTKE: Direktur Jenderal EBTKE Dadan Kusdiana
Penasihat Unsur Pelaksana Badan Geologi: Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono
Penasihat Unsur Pelaksana Badan Litbang ESDM: Plt. Kepala Badan Litbang ESDM Dadan Kusdiana
Penasihat Unsur Pelaksana BPSDM ESDM: Kepala BPSDM ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo
Penasihat Unsur Pelaksana BPH Migas: Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa
Penasihat Unsur Pelaksana Sekretariat Jenderal DEN: Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto.

Acara Pengukuhan Pengurus 8 Unsur Pelaksana DWP di Lingkungan Kementerian ESDM Masa Bakti 2019-2024 juga dapat disaksikan Youtube Kementerian ESDM.

(mul/ega)