Habib Rizieq Akan Ditahan? Polisi: Itu Kewenangan Penyidik

Yogi Ernes, Karin Nur Secha - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 12:12 WIB
Habib Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan. Setiba di Polda Metro Jaya, ia sempat mengacungkan jempol.
Habib Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya memastikan akan menangkap Habib Rizieq Shihab sebelum diperiksa sebagai tersangka penghasutan di kasus kerumunan. Ditahan atau tidaknya Habib Rizieq merupakan kewenangan penyidik.

"Jadi gini, prosesnya setelah di-swab. Setelah itu diberi surat perintah penangkapan, kemudian dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020).

"Untuk penahanan kan kewenangan dari penyidik, melihat nanti alasan objektif dan subjektif," sambung Yusri.

Yusri menambahkan pihaknya mempunyai waktu 1x24 jam untuk memeriksa Habib Rizieq sebagai tersangka sebelum memutuskan akan ditahan atau tidaknya.

"Kita punya waktu 1×24 jam. Nah, nanti baru bisa ditentukan apakah ditahan gitu loh," ucapnya.

Yusri kemudian menegaskan tidak ada agenda pemanggilan terhadap Habib Rizieq hari ini. Namun, dengan hadirnya Habib Rizieq di Polda Metro, pihaknya memastikan akan melakukan penangkapan terlebih dahulu.

"Tidak ada pemanggilan hari ini, dia datang, kita berikan surat perintah penangkapan," imbuhnya.

Lebih lanjut Yusri menyebut Habib Rizieq bukan memenuhi panggilan. Sebab, tidak ada agenda panggilan hari ini. Yusri menyebut Habib Rizieq menyerahkan diri.

"Dia menyerah, dia takut. Karena takut, dia menyerah, bukan panggilan," tegas Yusri.

Habib Rizieq siap menjalani pemeriksaan. Simak di halaman selanjutnya.