Round-Up

Jejak Perkara Cagub Sumbar Mulyadi hingga Kasus Segera Dihentikan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 08:03 WIB
Cagub Sumbar Mulyadi
Cagub Sumbar Mulyadi (Jeka/detikcom)

6. Mulyadi Tak Hadiri Panggilan Kedua, Polri Akan Tangkap

Pihak kepolisian kembali memanggil Mulyadi pada Kamis, 10 Desember 2020. Namun, untuk kedua kalinya, Mulyadi mangkir dari panggilan polisi sebagai tersangka.

"Tidak datang dia," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dimintai konfirmasi, Kamis (10/12/2020)

Andi menyampaikan penyidik akan tetap melanjutkan kasus tersebut dengan melimpahkan berkas perkara ke jaksa. Selain itu, kata Andi, pihaknya juga akan menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap Mulyadi.

"Penyidik tetap akan mengirim BP (berkas perkara) ke jaksa. Selanjutnya menerbitkan surat perintah membawa dan penangkapan," tuturnya.

7. Pelapor Mencabut Laporan, Kasus Dihentikan

Pelapor calon Gubernur (cagub) Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi atas dugaan tindak pidana pemilu dengan mencuri start kampanye, Yogi Ramon Setiawan, mencabut laporannya. Polri memastikan akan segera menghentikan penyidikan kasus dugaan 'mencuri' start kampanye oleh Mulyadi itu.

"Iya betul (pelapor mencabut laporan). Hasil rapat pembahasan III di Sentra Gakkumdu Bawaslu juga sudah selesai dengan rekomendasi agar kasus tersebut dihentikan penyidikannya," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dimintai konfirmasi, Jumat (11/12/2020).

Andi menuturkan penyidik akan melakukan gelar perkara. Gelar perkara, kata dia, dilakukan untuk menghentikan proses penyidikan.

"Yang jelas, penyidik Sentra Gakkumdu akan segera melaksanakan gelar perkara untuk menghentikan penyidikan sesuai rekomendasi rapat pembahasan III. Ini menindaklanjuti surat permohonan pencabutan laporan," tuturnya.


(maa/maa)