Transmedia Raih 4 Penghargaan Anugerah KPI 2020

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 16:59 WIB
Anugerah KPI (Syahidah Izzata/detikcom).
Foto: Anugerah KPI (Syahidah Izzata/detikcom).
Jakarta -

Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2020 untuk televisi dan radio kembali diselenggarakan. Transmedia berhasil memenangkan 4 dari 8 nominasi yang diselenggarakan oleh KPI.

Empat penghargaan yang berhasil diraih oleh Transmedia yakni Si Bolang untuk Program Anak Trans 7, Petualangan Si Unyil untuk Program Animasi televisi Trans7, Mata Najwa untuk Program Talkshow berita Trans7 dan CNN Indonesia Connected untuk Program berita/jurnalistik Trans TV.

Penghargaan ini menjadi apresiasi bagi Transmedia untuk semakin bersemangat dalam bekerja. Transmedia juga berkomitmen untuk terus menyajikan program-program edutainment yang bermanfaat.

"Alhamdulillah Transmedia kita dapat empat penghargaan dari nominasi yang diberikan oleh KPI. Semoga ini bisa jadi komitmen kita untuk memberi program dan berita kebanggaan untuk masyarakat," ujar Government Relations Transmedia, Gita Sucia di Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Berbeda dari acara tahunan sebelumnya, Komisi penyiaran Indonesia tahun ini mengusung tema terkait pandemi COVID-19 yakni 'Semangat Kreativitas di Tengah Wabah'. Tema tersebut menjadi sebuah bentuk keprihatinan sekaligus penyemangat bagi lembaga penyiaran menghadapi dampak pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 cukup membatasi aktivitas ini. Di sinilah tugas berat penyiaran sedang diuji. Penyiaran harus terus mengudara untuk memberi informasi dan hiburan. Mereka tetap berkarya di tengah ancaman wabah," ujar Wakil Ketua KPI Pusat sekaligus PIC Anugerah KPI 2020, Mulyo Hadi Purnomo.

Dalam anugerah KPI ini, pihaknya menerima sebanyak 235 program acara TV serta 144 program radio yang disiarkan sejak November 2019-November 2020. Program tersebut memperebutkan 20 nominasi yang diperlombakan.

Anugerah KPI 2020 juga hadir dengan dua kategori baru yakni Kategori Konten Lokal SSJ (Stasiun Siaran Jaringan) dan Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran. KPI juga mengganti kategori lifetime achievement dengan kategori lembaga penyiaran peduli Pandemi untuk radio dan televisi.

Untuk penilaian, KPI menggandeng tim juri berjumlah 30 orang yang merupakan perwakilan Komisioner KPI Pusat, Anggota DPR RI, pengamat penyiaran, sutradara film, jurnalis, penulis dan seniman.

(gbr/gbr)