Kadin DKI Jakarta Siap Kolaborasi untuk Pemulihan Ekonomi

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 13:24 WIB
Kadin DKI
Foto: Kadin DKI
Jakarta -

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta turut mendorong pemulihan ekonomi Indonesia, khususnya di Jakarta. Adapun hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987 tentang KADIN.

"Kadin sebagai wadah dari Pengusaha Indonesia didirikan salah satunya adalah untuk dapat menciptakan dan mengembangkan iklim dunia usaha yang memungkinkan keikutsertaan yang seluas-luasnya secara efektif dalam pembangunan nasional/daerah. Untuk itu Kadin harus dapat berperan dalam perbaikan iklim dunia usaha pasca pandemi COVID-19," ujar Ketua Umum KADIN DKI Jakarta, Diana Dewi dalam keterangan tertulis, Kamis (10/12/2020).

Dalam acara Musyawarah Kota (MUKOTA) VI/ 2020 KADIN Kota Jakarta Utara di Hotel Sunlake, Jakarta Utara, Diana menjelaskan Kadin DKI Jakarta dan Kadin Kota se-DKI Jakarta terus berkomitmen untuk selalu berpihak pada pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DKI Jakarta.

Menurutnya, saat ini UMKM memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional setelah terdampak pandemi COVID-19. Oleh karena itu Diana mengharapkan kolaborasi bersama berbagai sektor untuk mendukung kebangkitan UMKM.

"Dalam hal ini, sektor bisnis mempunyai kemampuan untuk mencari solusi melalui teknologi, inovasi dan investasi. Kadin siap untuk dapat melakukan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk dapat meningkatkan perekonomian di Jakarta yang sudah mulai menggeliat," pungkasnya.

Sebagai informasi, MUKOTA VI/2020 KADIN Kota Jakarta Utara mengambil tema 'KADIN Kota Jakarta Utara Bersinergi Mendukung Program KADIN DKI Jakarta untuk Memberdayakan UMKM di Era Pandemi COVID-19 Bersama Pemprov DKI Jakarta'.

Adapun untuk subtema MUKOTA VI/2020 KADIN Kota Jakarta Utara, yakni 'Bersama Pemkot Jakarta Utara dan Instansi Pelabuhan Tanjung Priok, Kadin Kota Jakarta Utara Mendukung Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pandemi COVID-19 Untuk Menciptakan Suasana Usaha Yang Kondusif'.

Lebih lanjut Diana mengatakan di tengah pandemi, MUKOTA diadakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Walaupun harus dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, Musyawarah Kota (MUKOTA) VI/2020 Kadin Kota Jakarta Utara tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan COVID-19," jelasnya.

Ke depan, lanjut Diana, Kadin DKI Jakarta juga akan menggelar MUKOTA yang dihadiri oleh seluruh Kadin se-DKI Jakarta. Untuk Kadin Kota Jakarta Barat akan digelar 16 Desember 2020 di Aston Kartika Hotel. Sedangkan Kadin Kota Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan akan menggelar MUKOTA pada bulan Februari 2021.

"Untuk itu kami harapkan keterlibatan dari seluruh anggota Kadin DKI Jakarta untuk dapat menyukseskan acara tersebut," katanya.

(akn/ega)