Cerita Ketua TPS Saat Temukan Surat Suara Pilkada Tangsel Dicoret-coret

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 12:44 WIB
Penghitungan suara Pilakda Tangereng Selatan dimulai. Salah satunya di TPS 46, Pakujaya, Serpong Utara. Ini foto-fotonya.
Surat suara Pilkada Tangsel yang tidak dicoret. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membenarkan penemuan surat suara bertulisan 'Korup Lu Pada' saat Pilkada 2020 kemarin di TPS 47 Rempoa, Ciputat Timur, Tangsel. Ketua TPS 47, Syaiful, menceritakan awal mula kejadian.

"Paling itu saya nggak bisa detail jelasinnya karena kita nggak tahu siapa yang corat-coret itu kan. Itu kan pada... itu kan mungkin ada di dalam bilik suara (pencoretannya). Jadi pas ketahuannya pas penghitungan suara," kata Syaiful saat dihubungi, Kamis (10/12/2020).

Syaiful menjelaskan surat suara yang dicoret-coret ditemukan saat penghitungan suara. Dia juga mengungkapkan ada tulisan 'HAHAHA' yang menutupi foto ketiga pasangan calon.

"Itu tulisannya 'Pada Korup Lu Hahaha', gitu aja. Memenuhi surat surat itu. Pokoknya dari 3 pasangan calon itu ya kena semua itu tulisan 'Hahaha'-nya itu," jelas Syaiful.

Syaiful menyebut para panitia dan saksi langsung mengabadikan kejadian itu setelah melihat adanya surat suara yang dicoret.

"Karena kan saat penghitungan banyak warga juga, ada saksi-saksi juga, ya mungkin mereka ingin mengabadikan, pada foto. Kita juga anggota KPPS sempat pada foto. Saksi juga foto," ujar Syaiful.

Syaiful mengatakan surat suara hanya dicoret-coret tanpa ada titik yang dicoblos. Surat suara itu akhirnya diputuskan tidak sah. Surat suara yang dicoret, sebutnya, hanya berjumlah satu.

"Itu kita putuskan karena kan kita masih disaksikan 3 saksi yang pada saat penghitungan masih ada di TPS, itu termasuk surat surat suara tidak sah," pungkasnya.

Sementara itu, di TPS 47 Rempoa, Ciputat Timur, pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo meraih suara terbanyak dengan 52 suara dari total 124 suara sah.

Sebelumnya diberitakan, beredar foto surat suara Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 dicoret dengan tulisan 'Korup Lu Pada'. KPU Kota Tangsel membenarkan adanya foto tersebut.

"Saya konfirmasi ke KPPS foto tersebut benar adanya," kata Komisioner KPU Tangsel Mujahid Zein saat dimintai konfirmasi, Kamis (10/12/2020).

Surat suara itu ditemukan di TPS 47 Rempoa, Ciputat Timur, Tangsel. Mujahid menyebut surat suara itu ditemukan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat proses penghitungan suara.

"Foto tersebut pada saat penghitungan surat suara," jelas Mujahid.

(imk/imk)