Menangnya Idris di Depok dan Ben di Tangsel Dinilai 'Efek Petahana'

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 10:08 WIB
ilustrasi opini tentang pemilu
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)

Diketahui, calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok nomor urut 2, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono, mendeklarasikan kemenangannya dalam Pilkada Depok versi hitung cepat (quick count) hasil suara kemarin (9/12/2020). Pasangan calon ini diusung oleh PKS, Demokrat, PPP, dan Partai Berkarya.

"Berdasarkan hasil quick count yang sudah kita lakukan di sekian ratus titik yang sudah kita tetapkan sebagai representasi TPS untuk menetapkan bahwa Pak Idris dan Pak Imam memang sosok Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok periode 2021-2026," kata ketua tim pemenangan Idris-Imam, Hafid Nasir, di Rumah Relawan Idris (RRI), Cilodong, Kota Depok, Rabu (9/12).

"Dari hasil quick count capaian suara 75% dari TPS-TPS yang sudah merepresentasikan kemenangan Pak Idris dan Pak Imam, insyaallah, dengan izin Allah SWT, Pak Idris dan Pak Imam menang. Menang di angka 55,38%," lanjutnya.

Dari hasil quick count, lanjutnya, calon Wali Kota (cawalkot) Depok nomor urut 1, Pradi Supriatna, meraup suara 44,62%. Hafid pun mengatakan kemenangan Idris-Imam ini adalah hasil kerja keras semua pihak.

"Alhamdulillah kami bersyukur atas hasil ini, tentu ini adalah buah kerja keras para partai pengusung, relawan. Dan warga Depok sekalian yang telah mendukung dan memenangkan Idris-Imam," terang dia.

Cawalkot Depok Pradi Supriatna pun merespons soal klaim kemenangan rivalnya, Mohammad Idris, di Pilwalkot Depok versi hitung cepat (quick count). Pradi mengaku tak mempermasalahkannya.

"Tidak masalah, silakan saja. Yang penting kita lihat hasilnya nanti seperti apa diumumkan oleh lembaga yang memang resmi," kata Pradi di Warung Makan Betawi Ngoempoel, Jalan Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/12).

Sementara itu, pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga meraih kemenangan di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 dari hasil akhir quick count tiga lembaga survei. Mereka mendeklarasikan kemenangan tersebut.

"Kemenangan hasil kerja keras kita semua, tidak ada yang terlewat, satu suara sangat berharga bagi pemenangan Benyamin-Pilar. Ini kemenangan masyarakat Tangerang Selatan yang hari ini berjumlah 1.700.000 lebih," kata Benyamin di rumah pemenangan Benyamin-Pilar di Kebon Jagung, Serpong Utara, Tangsel, Rabu (9/12/2020).

Berikut ini hasilnya:

Indikator
1. Muhammad-Rahayu Saraswati: 34,42%
2. Siti Nurazizah-Ruhama: 23,72%
3. Benyamin Davnie (Ben)-Pilar Saga Ichsan: 41,86%

LSI
1. Muhammad-Rahayu Saraswati: 35,19%
2. Siti Nurazizah-Ruhama: 21,66%
3. Benyamin Davnie (Ben)-Pilar Saga Ichsan: 43,15%

Charta Politika
1. Muhammad-Rahayu Saraswati: 35,97%
2. Siti Nurazizah-Ruhama: 23,75%
3. Benyamin Davnie (Ben)-Pilar Saga Ichsan: 40,28%

Halaman

(isa/dnu)