Polda Sumsel Terjunkan 3.189 Personel Amankan Pilkada 2020

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 07 Des 2020 17:46 WIB
Polda Sumsel Terjunkan 3.189 Personel Amankan Pilkada 2020 (Foto: Raja Adil/detikcom)
Polda Sumsel Terjunkan 3.189 Personel Amankan Pilkada 2020 (Raja Adil/detikcom)
Palembang - Polda Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar apel pergeseran pasukan untuk pengamanan pilkada serentak 9 Desember 2020 lusa. Setidaknya ada 3.189 personel diberangkatkan sore ini ke 7 daerah.

"Perlu saya sampaikan bahwa hari ini telah dilepas 3 ribu personel untuk pengamanan Pilkada serentak. Pelepasan dilakukan oleh bapak Kapolda," tegas Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi di Mapolda Sumsel, Senin (7/11/2020).

Supriadi mengatakan personel dilepas Irjen Eko Indra Hari seusai apel pagi tadi. Seluruh personel diberangkatkan ke 7 kabupaten yang ikut di Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Secara tegas, Supriadi memastikan tidak ada daerah yang dipetakan rawan seperti yang disampaikan sebelumnya. Dia mengatakan situasi pilkada terpantau kondusif.

"Memang sempat ada daerah rawan yang kita petakan. Tetapi saat ini tidak ada lagi, jadi tidak ada penebalan personel ke satu daerah. Semua sama dan situasi kondusif," katanya.

Diakui Supriadi, salah satu faktor hilangnya daerah rawan konflik karena tengah musim wabah COVID-19. Hal inilah yang saat ini menjadi tugas berat personel pengamanan di lapangan.

"Tugas utama personel adalah memantau jalannya protokol kesehatan. Jadi seluruh personel memantau selama pelaksanaan, semua harus sesuai standar COVID," kata Supriadi.

Selain itu, kata Supriadi, seluruh personel pengamanan diminta untuk tetap menjaga netralitas. Dia juga meminta penerapan protokol kesehatan untuk diterapkan secara ketat agar tidak ada klaster baru.

Sebelum diberangkatkan, seluruh personel dipastikan sudah dilakukan rapid test dan dinyatakan negatif COVID-19. Begitu juga nanti saat kembali, personel akan kembali dilakukan rapid test.

Berikut adalah 7 daerah yang kini sedang melakukan pilkada serentak antara lain, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, dan Panukal Abab Lematang Ilir. Selain itu, ada OKU Timur dan OKU Selatan yang melangsungkan pilkada. (ras/mae)