PGN Sabet Penghargaan Iconomics CSR Awards 2020

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 07 Des 2020 17:18 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyabet penghargaan Iconomics CSR Awards 2020. Penghargaan CSR tersebut didapat perseroan atas peran aktifnya membantu pemerintah dalam upaya penanganan COVID-19 dengan dukungan kesehatan medis dan UMKM.

"Kami berharap dari penghargaan ini dapat menambah semangat kami untuk terus berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan sekitar sebagai salah satu komitmen utama PGN dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan," ujar Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama dalam keterangan tertulis, Senin (7/12/2020).

Rachmat menjelaskan bantuan CSR yang masih terus disalurkan oleh PGN Group difokuskan untuk meringankan beban masyarakat dan tenaga medis. Selain bantuan CSR, PGN Group berupaya melaksanakan pengelolaan sosial dan lingkungan sekitar melalui program binaan ekonomi UMKM agar dapat membantu masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi.

"Melalui program binaan, harapannya perekonomian daerah tetap berjalan di tengah pandemi. Minimal dari UMKM itu sendiri dan masyarakat sekitar. PGN Group memiliki mitra binaan diantaranya UMKM yang memproduksi masker kain di Solo dan Komunitas Tuli Gresik, Resto Apung Seba di Sidoarjo, dan masih banyak lagi," jelasnya.

Selain itu, Rachmat mengungkapkan PGN Group masih terus memetakan penyaluran bantuan dalam penanganan COVID-19 di berbagai wilayah. Sebagai bagian dari Holding Migas Pertamina, PGN ingin kehadiran bisnis PGN dapat memberikan kebermanfaatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar.

"Di masa pandemi, PGN memiliki kapasitas lebih untuk dapat menyalurkan bantuan kepada masyarakat maupun tenaga medis, sehingga PGN akan terus mengoptimalkan privilege ini," ungkapnya.

Sementara itu, Founder & CEO Iconomics Bram S Putro menjelaskan apresiasi pada program CSR Ini sangat penting dan diharapkan dapat mendorong inovasi-inovasi dalam program CSR. Dengan demikian, CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan dapat mempercepat pemulihan ekonomi maupun sosial akibat dampak COVID-19.

Dia menuturkan apresiasi Iconomics Award 2020 diberikan kepada berbagai perusahaan berdasarkan riset kualitatif yang sudah melalui 3 tahapan.

"Pertama, identifikasi perusahaan-perusahaan yang memiliki kegiatan CSR setahun terakhir. Kedua, media monitoring pemberitaan-pemberitaan mengenai kegiatan CSR perusahaan yang dimuat di media nasional sejak Januari 2020. Ketiga, analisa kegiatan CSR perusahaan berdasarkan pendekatan sukarela mengenai tanggung jawab sosial perusahaan," pungkasnya.

(mul/mpr)