Kampanye Paslon SMS-GES di Buru Selatan Dipenuhi Massa, Tanpa Jaga Jarak

Muslimin Abbas - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 21:36 WIB
Kampanye Paslon SMS-GES di Buru Selatan Dipenuhi Massa
Foto: Kampanye Paslon SMS-GES di Buru Selatan Dipenuhi Massa (Muslimin Abbas/detikcom)
Buru Selatan -

Kampanye terakhir pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan di lapangan Elfule, Kecamatan Namrole, Maluku dipenuhi pendukung dan simpatisan. Massa tampak tidak menjaga jarak.

Juru bicara tim pemenangan pasangan Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily mengatakan semua protokol kesehatan sudah diterapkan oleh panitia. Namun demikian kerumunan tidak dapat terhindarkan.

"Masanya dalam kota Namrole saja. Anjuran untuk menerapkan protokol kesehatan intensif diingatkan oleh MC dan dikawal oleh Panwas Kecamatan. Tapi eforia simpatisan dan pendukung juga tidak bisa dibendung," kata Juru bicara tim pemenangan pasangan Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily, Abubakar Solissa saat dihubungi, Sabtu (5/11/2020) malam.

Abubakar Solissa pun menjelaskan semua protokol kesehatan sudah diterapkan oleh panitia mulai dari satu tenda utama hanya diisi 50 orang sesuai dengan aturan. Panitia juga telah mengimbau massa untuk tetap penggunaan masker dan menjaga jarak.

"Semua protokol kesehatan sudah diterapkan. Mulai dari hanya 50 orang di tenda utama, pakai masker dan berjarak kurang lebih 1 meter sudah diatur oleh panitia dan MC. Tapi semakin ke sini masa pendukung dan simpatisan semakin membludak dan membanjiri area (tempat) kampanye," jelasnya.

Calon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan, Maluku, Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily didukung 10 partai politik, yakni PDIP, Demokrat, Perindo, PAN, Berkarya, PKPI, PKB, PBB, PSI dan PKS. Kampanye tersebut juga diawasi oleh Panwas Kecematan lantaran lokasi kampanye di Kecematan dan kampanye tersebut mulai dari pukul 15.00 WIT dan berakhir pukul 17.40 WIT.

"Yang punya kewenangan mengawal kampanye di tingkat kecamatan itu Panwas Kecamatan. Kebetulan kampanye terakhir pasangan SMS-GES itu di Kecamatan Namrole. Kampanye dimulai dari jam 3 sore dan berakhir kurang lebih sekitar jam 5.40 WIT," kata dia.

(lir/lir)