Cek Persiapan Pilkada Depok, Pangdam Jaya Akan Turunkan 200 Personel

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 18:30 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman di Depok
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman di Depok (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pilkada Serentak 2020 akan digelar Rabu besok. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menekankan TNI-Polri harus menjaga netralitas dalam pesta demokrasi tersebut.

Pangdam Jaya Mayjen Dudung mengecek persiapan pengamanan pilkada di kota Depok hari ini. Dalam kunjungannya, Mayjen Dudung juga didampingi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

"Yang lebih penting lagi penekanan kepada TNI-Polri agar netralitas dikedepankan, sehingga jangan sampai berpihak pada salah satu paslon," kata Mayjen Dudung kepada wartawan, Sabtu (5/12/2020).


Lebih lanjut Pangdam Jaya Mayjen Dudung mengatakan akan mengamankan perhelatan pilkada di wilayah Depok. Ia menyebut akan menerjunkan 2 SSK atau 200 personel.

Mayjen Dudung juga berpesan kepada para petugas untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Terlebih saat pencoblosan berlangsung.

"Kita cek kesiapannya, baik logistik dan sebagainya, supaya sudah siap. Kemudian pemberian masker dan penekanan-penekanan kepada aparat agar di dalam pelaksanaan penyelenggaraan pencoblosan itu betul-betul mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Selain itu, Mayjen Dudung mengingatkan kepada aparat keamanan untuk tidak ragu bertindak tegas dari tiap kegiatan yang tidak sesuai protokol kesehatan. Dia menyebut, jika terjadi kerumunan saat pencoblosan berlangsung, aparat keamanan harus segera membubarkan hal tersebut.

"Jangan segan-segan untuk menindak apabila terjadi kerumunan massa yang tidak standar protokol kesehatan," pungkasnya.

Diketahui, pelaksanaan pilkada serentak akan berlangsung pada 9 Desember 2020. Pilkada akan digelar di 270 daerah.

Pada perhelatan pilkada serentak nanti, Presiden Jokowi telah menetapkan tanggal 9 Desember sebagai hari libur nasional. Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2