Ketum MUI: Saat Kejepit Pun, Ulama Harus Jadi Solusi Bukan Tambah Masalah

Taufieq Renaldi - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 17:20 WIB
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Miftachul Akhyar
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Miftachul Akhyar (Taufieq/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Miftachul Akhyar mengaku sering ditanya soal arah MUI di bawah kepemimpinannya. Miftachul mengatakan hanya memberikan sentuhan karena para ulama sudah tahu jalan yang benar.

"Banyak wartawan bertanya, setelah saya menjadi ketua umum, mau dibawa ke mana MUI? Dibawa ke mana lagi? Mereka itu ulama-ulama, mereka sudah tahu mana yang benar mana yang salah. Kita tinggal sentuhan-sentuhan saja," kata Miftachul dalam acara Multaqo Ulama Kebangsaan di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Sabtu (5/12/2020).

Miftachul lantas bicara mengenai peran ulama. Menurut dia, ulama harus turun langsung untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Memang ulama harus turun ke bawah, merasakan-melihat detak denyut jantung umat, apa yang mereka butuhkan, solusi apa yang mereka inginkan. Datanglah agar tahu penyakit apa yang sesungguhnya hadir di tengah tengah masyarakat," kata Miftachul.

"Jangan sampai kita salah memberikan obat, ada orang sakit panas dianggap saja ini panas panas demam biasa, diberikan Bodrex atau obat Nastro atau Konder atau apalah macem-macem obat. Memang dia akan reda satu jam, dua jam, tapi karena bukan itu penyakitnya, karena dia penyakit tipes, akan kembali meledak dan akan lebih hebat," sambung dia.

Miftachul mengatakan ulama harus mampu mencerahkan. Ulama, kata Miftachul, jangan sampai menambah masalah.

"Ya kita prihatin, mestinya ulama itu kan mestinya menjadi lampu dunia, mencerah di saat sempat dan sempit, di saat dirinya pun katakan kejepit, harus memposisikan sebagai pemberi solusi, bukan untuk menambah masalah, tapi harus menyelesaikan masalah," ujar Miftachul seusai kegiatan.

Simak juga video 'MUI Jabar: Hukum Mengubah Azan Salat itu Salah!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2