Tersangka Kasus Korupsi, Petahana Wenny Bukamo Tetap Ikut Pilkada Banggai Laut

Mohammad Qadri - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 01:30 WIB
Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming
Foto: Mohammad Qadri-detikcom
Jakarta -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulteng memastikan bahwa petahana Wenny Bukamo tetap ikut dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Bangai Laut pada Pilkada serentak 2020. Wenny Bukamo sebelumnya, telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap oleh KPK.

"Kami juga kaget, kenapa hal itu terjadi pada salah satu kandidat yang ada di wilayah Sulteng. Namun demikian, dengan adanya penetapan tersangka dari KPK, petahana Wenny Bukamo tetap ikut pada Pilbup Banggai Laut 2020, berpasangan dengan Laode Ngkowe," ucap Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming kepada detikcom saat dihubungi pada Jumat (4/12/2020) malam.

Diketahui bahwa proses tahapan Pilkada masih bisa dilakukan oleh calon kepala daerah, walau sudah ditetapkan sebagai tersangka maupun terdakwa kasus korupsi. Menurut Tanwir, penetapan tersangka dari KPK tidak dapat menggugurkan Wenny Bukamo-Laoda Ngkowe dari salah satu pasangan kandidat Pilbup Banggai Laut.

"Kan belum inkrah, jadi proses politik masih terus berjalan hingga pencoblosan bahkan pelantikan jika pasangan tersebut menang pada Pilbup Banggai Laut. Sehingga proses politik jalan, proses hukumpun tetap berjalan," ucap Tanmir.

Pada Pilbup Banggai Laut, petahana Wenny Bukamo yang berpasangan dengan Laoda Ngkowe diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Perindo.

Selanjutnya
Halaman
1 2