Wagub Sulsel Soroti Calon Pemimpin Daerah Ikut Ritual Tolak Bala

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 23:13 WIB
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman
Foto: Istimewa
Jakarta -

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman angkat bicara mengenai kabar kehadiran salah satu calon kepada daerah di Sulsel pada ritual tolak bala. Ia menyebut kegiatan tersebut mengancam akidah seorang muslim.

Pernyataan Andi Sudirman merujuk pada kabar seorang calon pimpinan daerah mengikuti ritual tolak bala di Sungai Jeneberang. Menurut Andi, sebagai seorang muslim seharusnya salah satu calon pemimpin daerah di Sulsel itu paham acara tolak bala tak sejalan dengan ajaran agama Islam.

"Saya rasa sudah jelas nasehat dan teguran dari banyak Ustaz. Beliau juga punya keluarga sering pengajian. Bagi agama lain adalah ritual tapi baginya mengancam akidahnya," kata Andi dalam keterangannya, Jumat (4/12/2020).

Andi menegaskan, sebagai tokoh masyarakat hendaknya memberikan teladan yang baik bagi masyarakat. Ia memandang kegiatan semacam itu dapat digantikan dengan kegiatan lain yang sesuai syariat Islam. Ia menegaskan toleransi tidak harus ditunjukkan dengan mengikuti ritual yang bertentangan dengan ajaran agama.

"Kita memberi nasehat karena mencintainya. Toleransi dilakukan tidak harus menggabung-gabungkan ibadah. Cukup masing masing memberi jaminan ruang untuk kebebasan beribadah," ujarnya.

(akn/ega)