Awas! Banyak Lubang di Tol Palembang-Kayu Agung

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 17:11 WIB
Jalan berlubang di Tol Palembang-Kayu Agung (Raja Adill/detikcom)
Jalan Berlubang di Tol Palembang-Kayu Agung (Raja Adill/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah titik di ruas tol Trans Sumatera di Palembang-Kayu Agung berlubang. Kerusakan jalan itu pun membuat waswas pengendara.

Pantauan detikcom, Jumat (3/12/2020), kerusakan jalan terjadi di beberapa titik sepanjang tol Palembang-Kayu Agung. Namun lubang banyak terlihat dari Km 348 hingga Km 352 menjelang pintu keluar Jakabaring.

Untuk menghindari kecelakaan, petugas jalan tol memasang pembatas di titik-titik kerusakan. Termasuk ruas jalan yang kini bergelombang dan membahayakan para pengendara.

"Memang rawan, banyak jalan berlubang dan bikin was-was. Jalan berlubang ada mulai dari Km 352 dari kedua arah," kata seorang pengendara, Syabana, saat ditemui di pintu tol Kayu Agung.

Jalan berlubang di Tol Palembang-Kayu Agung (Raja Adill/detikcom)Jalan berlubang di Tol Palembang-Kayu Agung (Raja Adill/detikcom)

Sebagai pengguna rutin jalan tol, Syabana mengatakan kerusakan jalan harus segera diperbaiki. Terlebih pada malam hari yang sangat minim pencahayaan.

"Kalau malam hari itu lebih rawan, jalan di tol kan posisi gelap. Memang ada rambu, tetapi dengan kecepatan tinggi itu kadang tidak terlihat," kata pria asal Paku, OKI, itu.

Pengelola tol Palembang-Kayu Agung dari PT Waskita Sriwijaya Tol, Yusuf Ar Rosidi, membenarkan banyaknya lubang. Rosidi berdalih penyebab jalan berlubang akibat satunya banyak truk melebihi muatan alias over dimension dan over loading (ODOL).

"Benar banyak lubang dan bergelombang, itu penyebabnya ODOL. Jadi masih banyak truk muatan melebihi kapasitas," katanya.

Untuk mengatasi ODOL, Rosidi menyebut petugas telah memberikan peringatan. Ke depan, truk ODOL tak lagi boleh melintas sebelum beban dikurangi.

Kembali ke jalan berlubang, ia memastikan perbaikan terus dilakukan menjelang libur natal dan tahun baru. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada pengendara.

"Ini kita lakukan perbaikan sampai lembur. Kita usahakan libur Natal dan tahun baru sudah mulus, lubang-lubang berbahaya ditutup semua," kata Rosidi.

(ras/isa)