BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Petir-Angin Kencang di Makassar Pagi Ini

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 06:39 WIB
Pedestrian di kawasan Sudirman selau dipadati para pejalan kaki meski giguyur hujan. Begini penampakannya.
Foto: Ilustrasi (Rifkianto Nugroho-detikcom).
Makassar -

BMKG Makassar memprediksi Kota Makassar dan sejumlah wilayah lain di Sulawesi Selatan (Sulsel) pagi ini diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kecang.

"Masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 06.40 Wita," tulis BMKG Makassar dalam keterangan resminya, Jumat (4/12/2020).

Kondisi itu terjadi di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya, di Kabupaten Maros, dan juga di Kabupaten Bone dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 08.40 Wita," jelas BMKG.

BMKG Makassar juga memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang tersebut akan meluar ke sejumlah wilayah lain di Sulsel.

"Dapat meluas ke wilayah Kabupaten Soppeng dan sekitarnya, Kabupaten Sinjai dan sekitarnya, Kabupaten Bulukumba dan sekitarnya, Kabupaten Selayar dan sekitarnya," kata BMKG.

BMKG memprediksi sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan hari ini diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi ini terjadi mulai pagi hingga malam hari. Berikut rincian prediksi BMKG Makassar:

Pagi Hari: Hujan Ringan di wilayah Sulawesi Selatan dan Hujan Sedang-lebat di wilayah Makassar, Maros. Takalar, Watampone, Sinjai, Bulukumba, Selayar.

Siang/Sore Hari: Hujan Ringan di wilayah Sulawesi Selatan dan Hujan Sedang di wilayah Barru, Pangkep.

Malam Hari: Berawan dan berpotensi Hujan Ringan di wilayah Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, Pare-Pare, Belopa, Masamba, Malili.

Dini Hari: Hujan Ringan di wilayah Sulawesi Selatan, kecuali Hujan Sedang di wilayah Barru, Maros, Pangkep, Gowa, Takalar, Makassar.

Peringatan Dini: Waspada Hujan sedang-lebat di wilayah Barru, Pangkep, Makassar, Sinjai, Bulukumba, Watampone, Maros, Selayar.

(nvl/nvl)