Round Up

Deretan Kecaman Buntut Pengepungan Rumah Ibunda Mahfud Md di Pamekasan

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 22:00 WIB
polres pamekasan siaga di rumah ibunda mahfud md
Foto: Istimewa
Jakarta -

Massa yang mengatasnamakan Umat Islam Pamekasan mengepung kediaman Ibunda Menko Polhukam. Mahfud Md, Siti Khotijah. Aksi massa itu sontak menuai kecaman.

Peristiwa itu berawal saat massa mengepung rumah Ibunda Mahfud di Pamekasan, Madura pada Selasa 1 Desember 2020.

Massa menyatakan aspirasinya jika kontra dengan pernyataan Mahfud Md terkait permasalahan hasil tes swab COVID-19 Habib Rizieq Shihab.

Video kedatangan puluhan massa ini viral di aplikasi percakapan. Dalam video berdurasi 28 detik ini, nampak massa didominasi laki-laki. Puluhan massa ini terlihat menggunakan busana muslim, mulai dari baju koko, sarung, lengkap dengan kopyah dan serban.


"Rumah Mahfud MD yang di Madura, Pamekasan digerebek massa," ucap salah seorang dalam video yang dilihat detikcom di Surabaya, Senin (1/12/2020).

Selain itu, terdengar massa yang berteriak-teriak meminta Mahfud MD untuk keluar dari rumahnya. "Mahfud, Mahfud keluar Mahfud," teriak massa.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko membeberkan awalnya ratusan massa yang mengatasnamakan Umat Islam Kabupaten Pamekasan melakukan aksi unjuk rasa terkait pemanggilan Habib Rizieq di Mabes Polri. Massa juga telah diajak audiensi di Polres Pamekasan.

Kemudian, sepulang dari unjuk rasa, sejumlah massa yang melewati kediaman Ibunda Mahfud Md pun berhenti dan melakukan aksi.

Usai pengepungan, kondisi Ibunda Mahfud disebut baik-baik saja. Rumahnya kini dijaga personel polisi.

Polisi juga telah memeriksa dua orang berartibut FPI dan juga mendalami adanya tindakan persekusi yang dilakukan massa.

Pengepungan rumah Ibunda Mahfud Md pun menuai kecaman sejumlah kalangan. Berikut respons mereka.

Selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3