Habib Umar: Calon Kapolri Baru Harus Bisa Menjaga Persatuan Rakyat

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 19:17 WIB
Habib Umar Al Hamid/Dok Istimewa
Foto: Habib Umar Al Hamid/Dok Istimewa
Jakarta -

Bursa calon Kapolri marak diperbincangkan jelang berakhirnya masa pensiun Kapolri Jenderal Idham Azis pada Januari 2021. Biarkan Presiden Jokowi memilih siapa nama yang pantas duduk sebagai Kapolri.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum GENTARI (Generasi Cinta Negeri) -Habib Umar Al Hamid. Menurutnya, Presiden Jokowi pasti akan memilih orang yang punya pengalaman dan pasti akan dilihat track recordnya.

"Pemilihan calon Kapolri harus dilihat track recordnya. Biarkan Presiden Jokowi yang memilih," kata Habib Umar Al Hamid dalam keterangan persnya, Kamis (3/12).

Sebagai anak bangsa kata Habib Umar tidak ada salahnya untuk memberikan masukan siapa yang layak dan pantas menggantikan Idham Azis.

"Kita hanya bisa memberikan masukan, yang paling penting umat bisa beribadah dengan nyaman," tegas Habib Umar yang juga Penggagas Persaudaraan Alumni (PA) 212.

Tidak hanya itu Habib Umar juga meminta kepada nama yang dipilih oleh presiden untuk menjaga persatuan rakyat. Jangan sampai terpecah belah.

"Saya minta Kapolri baru untuk menjaga persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Ini paling penting," pinta Habib Umar.

Pucuk pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan berganti dalam waktu tak lama lagi. Jenderal Pol Idham Azis akan menanggalkan jabatan Kapolri karena memasuki masa pensiun pada Januari 2021 mendatang.

Kepala Staf Presiden Moeldoko menyebut, Presiden Joko Widodo punya kunci sendiri untuk menentukan calon Kapolri yang akan menggantikan Jenderal (Pol) Idham Azis pada awal 2021. "Presiden juga punya kunci sendiri untuk menentukan siapa yang akan menjabat," kata Moeldoko.

Moeldoko tak mau menjawab secara pasti ihawal nama-nama yang dianggap potensial sebagai calon Kapolri. Ia juga tak membenarkan ataupun membantah kabar yang menyebutkan bahwa Istana telah mengantongi tiga nama calon Kapolri.

(fjp/fjp)