Harimau Nongkrong di Jalanan Sumbar, Camat: Kemungkinan Besar 2 Ekor

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 19:00 WIB
Viral harimau muncul dan nongkrong di pinggir jalan di Sumbar (dok. Istimewa)
Viral harimau muncul dan nongkrong di pinggir jalan di Sumbar. (dok. Istimewa)
Solok -

Camat Danau Kembar Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Eka Putra, menduga ada harimau lain selain harimau yang menampakkan diri di Jalan Raya Tanjung Nan Ampek. Harimau lainnya itu disebut memiliki postur tubuh lebih kecil dibanding yang muncul di pinggir jalan.

"Tidak sama. Harimaunya tidak sama. Yang satu agak besar, sementara yang satu lagi laporannya agak kecil," kata Eka Putra kepada detikcom, Kamis (3/12/2020).

Eka Putra menjelaskan laporan mengenai terlihatnya harimau lain diterimanya usai kemunculan harimau pertama di Jalan Raya Tanjung Nan Ampek. Jarak antara Jalan Raya Tanjung Nan Ampek dengan lokasi penemuan harimau kedua sekitar 2 kilometer.

"Setengah jam setelah kemunculan harimau pertama, kami juga menerima laporan dari warga yang tinggal di Jorong Rawang Gadang bahwa ada harimau juga yang muncul. Lokasinya itu sekitar dua kilometer dari lokasi awal," jelas dia.

Eka menduga ada dua harimau yang keluar dari habitatnya. Namun Eka mengaku belum dapat memastikan.

"Kemungkinan besar, harimaunya ada dua ekor, tapi untuk info lebih pastinya sebaiknya ditanyakan ke BKSDA," katanya.

Ia mengatakan sampai saat ini pihak BKSDA setempat sudah berada di lokasi. Warga dibantu polisi setempat berusaha menghalau harimau kembali ke habitatnya dengan menembakkan sejumlah letusan.

Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan hingga harimau tersebut dipastikan kembali ke habitatnya atau ditangkap oleh pihak yang berwenang.

(aud/aud)