Doa Setelah Sholat Witir, Arab, Latin, dan Artinya

Tim hikmah detikcom - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 16:39 WIB
sholat tahajud
Foto: istock
Jakarta -

Rasulullah mewasiatkan tiga hal kepada umatnya. Salah satu wasiatnya yakni mengerjakan sholat witir.

"Rasulullah mewasiatkan kepadaku tiga hal yang tidak akan aku tinggalkan selama hidupku, yaitu sholat dhuha, berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, dan Shalat Witir sebelum tidur." (HR Bukhari).

Sholat witir adalah sholat sunah yang dikerjakan pada malam hari sebagai penutup segala sholat. Pada bulan Ramadhan, sholat witir dikerjakan usai sholat tarawih.

Selain bulan Ramadhan, sholat witir dikerjakan setelah mengerjakan sholat malam seperti sholat tahajud atau sholat istikharah.

Jumlah rakaat pada sholat witir yakni berjumlah ganjil yaitu bisa 1,3, 5. Maksimal rakaatnya yakni 11 rakaat.


Dalam buku 'Panduan Shalat Lengkap Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW karya Ali Abdullah, tata cara sholat witir tiga rakaat yakni dengan salam pada rakaat kedua, lalu berdiri lagi melanjutkan satu rakaat.

Niat sholat Witir

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka'âtin mustaqbilal qiblati adâ'an lillâhi ta'âlâ

Artinya, "Aku menyengaja sholat sunnah shalat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

Setelah mengerjakan sholat witir, kita dianjurkan untuk berdoa. Berikut doa usai sholat witir dilansir buku 'Kumpulan Doa dari Al Quran dan As Sunnah yang Shahih' karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas:

Doa Setelah Sholat Witir

1. Arab:

Doa setelah sholat witirDoa setelah sholat witir Foto: Dok. 'Kumpulan Doa dari Al Quran dan As Sunnah yang Shahih' karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Latin:

Allahumma innii a'uudzu biridhooka min sakhothika, wa bimu'aafaatika min 'uquubatika, wa a'uudzubika minka laa uhshii tsanaaan 'alaika', anta kamaa atsnaita 'alaa nafsika.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu, dan berlindung kepada-MU dari siksaan-Mu. Aku tidaklah mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana Engkau menyanjung/memuji diri-Mu sendiri." (HR Abu Daud, At Tirmidzi).

2. Arab:

Doa setelah sholat witirDoa setelah sholat witir Foto: Dok. 'Kumpulan Doa dari Al Quran dan As Sunnah yang Shahih' karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Latin:

Subhaanalmalikil qudduus. Subhaanal malikil qudduus, subhaanalmalikil qudduus.

Arti doa setelah sholat witir:

"Mahasuci Allah Raja Yang Mahasuci, Mahasuci Allah Raja Yang Mahasuci, Mahasuci Allah Raja Yang Mahasuci." (Nabi mengangkat dan memanjangkan suaranya pada ucapan yang ketiga). (HR Abu Daud, Ahmad).

(nwy/erd)