Ikut Rapid Test Corona, 531 Pengawas TPS di Medan Reaktif

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 15:03 WIB
Anggota Bawaslu Medan Taufiqurrohman (Datuk Haris-detikcom)
Anggota Bawaslu Medan, Taufiqurrohman (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

531 orang dari 4.303 pengawas tempat pemungutan suara (TPS) di Medan mengikuti rapid test Corona. Hasilnya, 531 orang dinyatakan reaktif.

"Hasil rapid test yang kita laksanakan, rapid test pertama itu dia ada sekitar 531 yang reaktif dan akan dilakukan rapid test ulang khusus untuk yang reaktif itu hari ini," kata anggota Bawaslu Medan, Taufiqurrohman Munthe, di Medan, Kamis (3/12/2020).

Taufiq menyebut mereka bakal mengikuti rapid test ulang di lokasi bimtek di setiap kecamatan. Nantinya petugas medis bakal mendatangi tempat tersebut.

"Pada hari ini akan di-rapid test, kebetulan kan hari ini kita pengawas kecamatan itu melakukan bimtek kepada pengawas TPS, bimtek yang kedua. Nanti petugas medisnya nanti yang melakukan rapid itu akan datang ke lokasi acara masing-masing bagi yang reaktif saja," ujar Taufiq.

Jika hasil rapid test mereka masih reaktif, petugas tersebut bakal diganti. Dia berharap tak ada lagi petugas yang reaktif pada rapid test kedua.

"Jadi, hasilnya nanti jika masih reaktif juga, maka digantikan atau PAW oleh orang yang di bawahnya, jika tidak dicarilah dari TPS sebelah dan begitu seterusnya sampai terpenuhi yang menggantikan pengawas TPS, ujar Taufiq.

"Dia kan rapid pertama, ada 531 yang reaktif, dia di-rapid ulang. Di-rapid lagi setelah 7 hari kemarin itu di-rapid lagi. Serelah di-rapid ini kalau dia masih reaktif dia diganti," sambungnya.

(haf/haf)