Polisi Panggil Dishub DKI-Ahli Epidemiologi soal Kerumunan Habib Rizieq

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 14:44 WIB
Gedung Densus 88 Polda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya terus melakukan penyidikan terkait kasus kerumunan acara Habib Rizieq Shihab di Petamburan. Beberapa saksi akan diperiksa penyidik hari ini.

"(Pemeriksaan) akan ada terus dari berbagai elemen yang telah ditentukan sebelumnya," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (3/12/2020).

Menurut Tubagus, saksi-saksi yang diperiksa hari ini berasal dari pejabat lingkup Pemprov DKI Jakarta. Ada juga saksi ahli yang dipanggil hari ini.

"Hari ini dari Dishub DKI, terus ada ahli epidemiologi," ujar Tubagus.

Polda Metro Jaya terus menggali keterangan saksi-saksi terkait kasus kerumunan di Petamburan. Pada Rabu (2/12) polisi memanggil delapan saksi.

Para saksi tersebut terdiri atas Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin, Manajer Sekuriti Bandara Soetta, mantan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, Sukana selaku eks Kepala KUA Tanah Abang, Kepala KUA Tanah Abang, dua saksi ahli, serta Ketua Panitia Acara Pernikahan Putri Habib Rizieq, Haris Ubaidillah.

Namun, dari delapan saksi tersebut, Haris serta ahli epidemiologi berhalangan hadir memenuhi panggilan Polda Metro Jaya.

"Dua-duanya belum bisa memberikan klarifikasi tentang ketidakhadirannya. Apa tindakan yang dilakukan, nanti penyidik akan melakukan perumusan lagi untuk kedua ini kita masih menunggu sampai sore nanti. Tetapi yang lainnya sudah dilakukan pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Selain itu, eks Kepala KUA Tanah Abang Sukana sedianya diperiksa pada Rabu (2/12). Namun, dari hasil swab antigen sebelum pemeriksaan, Sukana reaktif Corona sehingga pemeriksaan ditunda.

(mei/mei)