Akankah Habib Rizieq Penuhi Panggilan Kedua Polisi? Ini Kata FPI

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 07:22 WIB
Habib Rizieq Syihab Hadiri Acara Dialog 212 Secara Virtual
Habib Rizieq Syihab Hadiri Acara Dialog 212 Secara Virtual (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Penyidik Polda Metro Jaya kembali melayangkan surat pemanggilan kepada pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab soal kerumunan. FPI belum bisa memastikan apakah pimpinan mereka akan hadir dalam panggilan itu.

"Insya Allah kita lihat nanti," kata Wakil Sekretaris Umum FPI, Aziz Yanuar saat dihubungi, Rabu (2/12/2020).

Beberapa anggota DPR pun menyarankan agar Habib Rizieq memenuhi panggilan polisi tersebut. Mereka adalah legislator dari Komisi III DPR RI. Di antaranya Arsul Sani dari PPP, Ahmad Sahroni dari NasDem yang menjadi Wakil Ketua Komisi III hingga Ketua Komisi III, Herman Hery dari PDIP.

Aziz merespons permintaan anggota DPR tersebut. Dia kemudian menyinggung soal kerumunan yang terjadi di Solo hingga Minahasa.

"Tanyakan kenapa mereka nggak komentar soal kerumunan sama di Solo, Surabaya, Magelang, Indramayu, Minahasa, Banyumas dan lain-lain? Harus disikapi dengan adil. Kan wakil rakyat, bukan wakil partai. Jadi harus mendengarkan suara rakyat ini dong," katanya.

Sementara itu, salah satu pengacara FPI, Ichwan Terakotta mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan apakah Habib Rizieq akan memenuhi panggilan tersebut. Ichwan menyebut bahwa tim hukum sedang melakukan koordinasi.

"Kita tim kuasa hukum belum bersikap. Intinya belum ada langkah apapun. Karena kita memang butuh kordinasi dulu," kara Ichwan saat dihubungi terpisah.

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya sebelumnya melayangkan panggilan kedua untuk Habib Rizieq Shihab. Habib Rizieq diminta hadir untuk menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Senin, 7 Desember 2020.

"(Pemanggilan) untuk hari Senin," kata penyidik Polda Metro Jaya Kompol Achmad Fadilah kepada wartawan di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (2/12).

Tonton video 'Rizieq Mangkir dari Panggilan, Polisi: Kalau Sakit, Suratnya Mana?':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/dkp)